Berita | Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan

SELAMAT! IAIN Palu Resmi Alih Status Menjadi UIN Datokarama Palu

SEVIMA.COM – Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) resmi bertransformasi atau status kelembagaan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

“Iya, berdasarkan salinan Perpres yang kami terima bahwa, Perpres UIN Datokarama Palu ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada tanggal 8 Juli 2021,” ucap Rektor UIN Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Senin.

Pada pasal 6 Perpres nomor 61 tahun 2021 tentang UIN Datokarama Palu disebutkan bahwa pada saat Peraturan Presiden ini mulai berlaku, Peraturan Presiden nomor 51 tahun 2013 tentang perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palu menjadi IAIN Palu dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Baca juga : Apa Itu Institusi Edutech? Kenapa Jokowi Sangat Gencar Dorong Perguruan Tinggi

Perpres 61 tahun 2021 juga menyebutkan bahwa UIN Datokarama Palu mempunyai tugas menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu Agama Islam.

UIN Datokarama Palu, dalam Perpres tersebut juga dinyatakan dapat menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu lain.

Sementara itu, Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengatakan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu merupakan cita-cita besar dan harapan masyarakat Sulawesi Tengah.

“UIN Datokarama Palu bukan hanya menjadi cita-cita civitas akademik, melainkan menjadi harapan, dambaan dan cita-cita masyarakat Sulteng,” ungkap Prof Sagaf.

UIN Datokarama Palu, saat masih berstatus sebagai IAIN memiliki peran penting dalam pembangunan sumber daya manusia di Sulteng.

“Jumlah penduduk Sulteng kurang lebih tiga juta jiwa, dengan alih status ini maka sangat membantu masyarakat, memudahkan masyarakat untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi Islam negeri,” kata Prof Sagaf.

Ia mengutarakan animo masyarakat untuk mengenyam pendidikan perguruan tinggi keagamaan negeri ini meningkat setiap tahunnya. Karena itu, alih status IAIN menjadi UIN adalah langkah tepat yang diambil pemerintah, dalam mengoptimalkan pembangunan SDM di Sulteng.

“Lewat transformasi ini, selain berperan dalam pembangunan manusia. Juga untuk memaksimalkan moderasi beragama, yang salah satu tujuannya untuk menangkal faham radikal,” katanya.

Baca juga : siAkad Cloud Dukung IAIN Palu Menuju World Class University

Selamat Kepada CIVITAS UIN Datokarama Palu

Mendangar kabar tersebut, SEVIMA mengucapkan selamat kepada semua civitas IAIN Palu yang sudah berhasil bertransformasi menjadi UIN Datokarama Palu. Sebagai partner yang mengembangkan sistem informasi akademik (siakadcloud) dan juga teknologi pembelajaran daring, SEVIMA bangga kepada UIN Datokarama Palu, yang berkembang pesat.

Semoga dengan status yang baru ini, UIN Datokarama Palu dapat memegang amanan dan harapan masyarakat Sulawesi Tengah untuk menjadi pusat pendidikan tinggi ilmu Agama Islam dan juga belahan ilmu lain. Sekali lagi, SEVIMA mengucapkan selamat.

Sumber : Humas IAIN Palu

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar