+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Ini 10 Website yang Harus Diketahui Seorang Dosen

Aplikasi OnlineDunia KampusTeknologi
 

adminweb

 

26 Juni 2019

SEVIMA.COM – Apakah Anda seorang dosen? Dunia “perdosenan” memang menarik hati untuk di tulis, salah satu tujuannya memberi perspektif dan informasi tentang dunia perdosenan.

Undang-undang tentang dosen mewajibkan dosen yang mengampu di semua jenjang pendidikan harus lulus magister. Malah ada aturan administratif yang menjelaskan bahwa dosen yang ingin naik jabatan fungional ke Lektor Kepala harus sudah selesai pendidikan doktor atau S3.

Kita tahu seorang dosen memiliki tugas yaitu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada masyarakat (PKM). Dari Tridharma tersebut jangan sampai seorang dosen tidak mengetahui informasi-informasi yang diberikan oleh Kementrian Ristek Dikti yang menaungi para dosen di Indonesia.

Saat ini, informasi tentang dosen dan lainnya di sebarkan oleh media yang bernama Website. Dengan memiliki akses internet seorang dosen dapat mengetahui semua informasi mengenai dinamika profesinya. Berikut,

10 Website yang Harus Diketahui Seorang Dosen

1. ristek.dikti.go.id

Pertama website ristek.dikti.go.id ini website resmi kementrian riset dan teknologi pendidikan tinggi ini sangat penting di ketahui oleh seorang dosen. Isi dari website ini merupakan informasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Kementrian Ristek Dikti. Serta berita-berita terbaru tentang informasi pendidikan di Indonesia.

2. forlap.dikti.go.id

Dikenal dengan Forlap, website ini merupakan pangkalan data / pusat data yang terintegrasi, di website ini seorang dosen dapat melihat profil dirinya serta profil mahasiswa, program studi , fakultas serta Kampusnya. Untuk profil dosen sendiri seperti jenjang akademik dan track record mengajar nya.

3. simlitabmas.dikti.go.id

Simlitabmas merupakan website yang disediakan oleh kementrian ristek dikti untuk pengajuan dana dan proposal penelitian. Pada website ini seorang dosen dapat mengupload proposal penelitian serta membaca informasi tentang penelitian dan pengabdian keapda masyarakat.

4. serdos.dikti.go.id

Ini salah satu website penting untuk diketahui seorang dosen yang sedang mengajukan sertifikasi dosen. Pada website ini bila seorang dosen sudah mendapatkan panggilan serdos, maka ia akan mengisis CV, Deskripsi diri dan persepsi di website ini. Bagi kamu seorang dosen yang sudah tersertifikasi, pasti tidak asing lagi dengan website ini.

Baca juga: Mau Ikut Sertifikasi Dosen, Ini Syarat & Tips Yang Harus Anda Tahu

5. sinta2.ristekdikti.go.id

Website Sinta merupakan singkatan dari science dan techonology index, merupakan website yang mencatat semua citasi penelitian seorang dosen. Sumber data yang di ambil hasil citasi itu dari google scholar dan indexing scopus. Jadi jika anda seorang dosen belum mendaftar silahkan mendaftar, tetapi pendaftaran tidak dapat di lakukan setiap saat. Menunggu dibuka oleh admin sinta.

6. arjuna.ristekdikti.go.id

Website Arjuna merupakan singkatan dari akreditasi jurnal nasional. Pada website ini berisi tentang bagaimana tata cara, syarat dan jurnal-jurnal yang terakreditasi oleh Ditjen Dikti.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Jurnal Ilmiah yang Benar dan Baik

7. garuda.ristekdikti.go.id

Website Garuda singkatan dari gerbang rujukan digital merupakan sumber untuk mencari jurnal bagi para dosen dan peneliti. Saat ini artikel yang ada di databases garuda sebanyak 560.000 dan 5000 jenis jurnal.

8. banpt.or.id

Website BAN-PT atau singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, website ini juga sangat penting diketahui seorang dosen.

Baca Juga: Cara Mengajar Dosen yang Disukai Mahasiswa

9. ijazah.ristekdikti.go.id

SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah secara elektronik atau online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti), sehingga keabsahan seorang lulusan akan diverifikasi konsistensinya dengan riwayat proses pendidikan di perguruan tinggi dan pemenuhan atas standar nasional pendidikan tinggi.

10. Kopertis

Website Kopertis atau koordinator perguruan tinggi swasta merupakan website informasi bagi para dosen yang ada di perguruan tinggi swasta. Saat ini di Indonesia ada 14 kopertis yang menyebar di Indonesia, dari Kopertis 1 sampai dengan Kopertis 14.

Itulah 10 website yang harus diketahui seorang dosen, agar mendapat informasi yang update untuk profesinya. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke taman-teman anda seprofesi ya, agar pada tahu, siapa tahu mereka membutuhkan. Semoga bermanfaaat.

SEVIMA: Take IT Easy

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami