Dunia Kampus | Featured

Kampus Diimbau Selenggarakan Ujian Akhir yang Fleksibel

07 April 2020

SEVIMA.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan imbauan terkait pelaksanaan ujian akhir di perguruan tinggi supaya bisa diselenggarakan secara lebih fleksibel.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (plt. Dirjen Dikti) Nizam, mengatakan, Kemendikbud mengimbau agar kampus memudahkan atau tidak mempersulit tugas akhir dan skripsi mahasiswa selama darurat Covid-19.

Untuk karya tulis akhir tidak harus berupa pengumpulan data primer di lapangan/laboratorium. Metode dan waktunya bisa beragam dan fleksibel sesuai bimbingan dari dosen pembimbing.

“Jadwal ujian silakan diatur sesuai perkembangan, bentuknya tidak harus konvensional, tetapi bisa dalam bentuk penugasan, esai, kajian pustaka, analisa data, proyek mandiri, dan sebagainya,” kata dia.

Baca juga: Pemanfaatan CBT untuk Tes Online dari Rumah

Menurut dia, hal yang penting proses tersebut didasarkan pada capaian pembelajaran yang diharapkan.

“Jadwal praktik bisa digeser, akhir semester bisa digeser, kalender akademik bisa disesuaikan, yang tidak boleh dikompromikan adalah kualitas pembelajarannya,” kata dia.

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01362015/perguruan-tinggi-diimbau-selenggarakan-ujian-akhir-yang-fleksibel

Bagikan artikel ini

Komentar