Dunia Kampus | Tips & Trik

Kampus Siapkan 5 Hal ini Menuju Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023

SEVIMA.COM – Tidak terasa ya sudah memasuki tahun baru 2023. Ini artinya kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 juga sudah di depan mata lho. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan krusial yang harus dipersiapkan semaksimal mungkin oleh sebuah perguruan tinggi.  Seperti yang diketahui, ujung tombak kesuksesan perguruan tinggi adalah mendapatkan mahasiswa yang berpotensi dan dengan jumlah yang cukup di setiap tahunnya. 

Untuk itu, diharapkan setiap tahun perguruan tinggi harus menyiapkan proses penerimaan mahasiswa baru ini dengan semaksimal mungkin. Nah, kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan kampus untuk mendapatkan mahasiswa baru? Berikut adalah ulasan terkait pendaftaran mahasiswa baru. Yuk simak!

Persiapan Kampus Menuju Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023

1. Membentuk tim khusus PMB

Untuk mendapatkan mahasiswa dengan jumlah yang banyak dan juga kompeten, sebuah perguruan tinggi harus membentuk tim khusus untuk menyelenggarakan proses PMB ini. Melalui tim khusus PMB ini, setiap perguruan tinggi bisa dengan mudah melakukan planning  ke depan terkait berjalannya proses PMB ini. 

Perlu digaris bawahi juga, bahwa panitia PMB ini harus menentukan berapa kuota yang disediakan saat proses PMB berlangsung. Selain itu, panitia juga harus mematangkan alur pendaftaran dan juga timeline dari kegiatan PMB tersebut dengan matang. Tak hanya itu saja, panitia juga wajib memperhatikan biaya pendidikan yang dibebankan kepada mahasiswa. Jika semua bisa direncanakan dengan baik, maka kegiatan PMB di kampus akan bisa berlangsung dengan sangat mulus.

2. Tentukan kuota mahasiswa baru yang akan dibuka

Seperti pembahasan sebelumnya, panitia PMB wajib melakukan penentuan kuota mahasiswa baru dengan tepat. Jangan sampai memberikan proporsi yang salah saat melakukan pembukaan PMB tersebut. Proses penentuan jumlah kuota ini juga harus memperhatikan kondisi jumlah mahasiswa yang aktif dan juga dosen yang tersedia di kampus tersebut. 

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, seyogyanya dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi memiliki rasio idel 1:30 untuk bidang sosial humaniora dan 1:20 untuk bidang eksakta. Dengan acuan tersebut, pihak panitia bisa memperhatikan komposisi tersebut sebelum melakukan pembukaan kuota khusus mahasiswa baru. 

3. Matangkan materi promosi dengan baik

PMB yang menarik adalah PMB yang memiliki daya tarik penuh di mata calon pendaftarnya. Nah, perlu diketahui, setiap melakukan promosi wajib memiliki materi promosi yang baik. Untuk menciptakan sebuah materi promosi yang baik, maka diperlukan berbagai cara yang kiranya modern dan selalu mengikuti zaman. 

Menilik beberapa tahun belakang, banyak sekali perguruan tinggi yang mengalami kesulitan saat melakukan proses pendaftaran mahasiswa baru. Kampus tidak bisa mendapatkan mahasiswa dengan jumlah ideal dan alhasil kampus pun menjadi sepi peminat. Ini biasanya juga diakibatkan bahwa kampus tersebut kurang memanfaatkan media digital yang ada. Sehingga lebih banyak melakukan kegiatan promosi dalam bentuk konvensional. 

Oleh karena itu, setiap perguruan tinggi wajib memiliki materi promosi yang bagus. Terlebih dalam bentuk promosi secara digital baik melalui media sosial, mendatangkan KOL, dan juga promosi di setiap sekolah-sekolah. 

4. Gunakan media sosial untuk promosi

Saat ini media sosial menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan promosi. Media sosial dinilai masih diminati oleh banyak calon mahasiswa yang notabene berasal dari generasi Z. Inilah sebabnya media sosial masih sangat cocok bila digunakan untuk melakukan kegiatan promosi pendaftaran baru. 

Calon mahasiswa baru biasanya mengumpulkan informasi yang tersedia dari media sosial yang tersedia. Informasi itulah yang akan memudahkan mereka terpikat dengan kampus yang akan dituju. 

Pihak kampus bisa mencoba berbagai portal media social, mulai dari Facebook Ads, Instagram, Twitter, Tiktok, dan media lainnya. Yang jelas, seluruh pendaftaran yang berasal dari media sosial tersebut akhirnya harus bermuara pada satu wadah informasi, misalnya saja melalui website.

5. Siapkan alur pendaftaran yang mudah

Alur pendaftaran yang tersedia harus benar-benar digodok dengan sangat baik. Sehingga alur tersebut akan jauh lebih mudah dipahami oleh calon mahasiswa. Alur pendaftaran tersebut mungkin bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya pendaftaran yang dilakukan secara on the spot di acara tertentu atau juga bisa dilakukan melalui promosi media sosial. 

Untuk mempermudah alur pendaftaran tersebut, kampus bisa menggunakan sistem layanan one day service (ODS). Melalui sistem ODS ini seluruh alur pendaftaran bisa dilakukan hanya dalam satu hari saja. Panitia tak perlu ribet lagi melakukan pendaftaran dalam jangka waktu yang lama. Dalam waktu satu hari saja, para calon mahasiswa sudah bisa mengetahui apakah dirinya diterima atau tidak di kampus tersebut. Sangat mudah bukan?

Jadi, untuk memudahkan pendaftaran mahasiswa di tahun 2023, Anda bisa memanfaatkan beberapa langkah di atas. Dengan begitu pendaftaran mahasiswa di kampus Anda bisa dilakukan dengan sangat mudah, cepat dan pastinya efisien. Selamat mencoba!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar