8 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita | Dunia Kampus • 03 Jul 2023

Ketua APTISI Bagikan Strategi Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Penerimaan Mahasiswa baru (PMB) menjadi aktivitas yang rutin dilakukan oleh perguruan tinggi. Bukan hanya siklus yang harus dilewati, tapi PMB  sangat penting untuk keberlangsungan perguruan tinggi. Alhasil, muncullah keresahan yang dirasakan oleh para pegawai perguruan tinggi untuk menyambut PMB. 

SEVIMA Maukuliah menyelenggarakan Mau Kuliah Online Edufair 2023 dalam bentuk Webinar dengan tema “Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Digital Marketing dan & Teknik Marketing Terbaru” yang pada  20 Juni 2023. Salah satu pengisi yaitu Dr. Ir. H. M. Budi Djatmiko selaku Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi  Swasta Indonesia yang menyampaikan strategi meningkatkan penerimaan mahasiswa baru. Beliau telah membina puluhan perguruan tinggi swasta  sehingga sangat relevan untuk membagikan pengalamannya terkait marketing perguruan tinggi. 

Baca juga: Tips Kampus Dilirik Calon Mahasiswa Baru

Strategi Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru

Kenali Dulu, Apa Itu Strategi?

Untuk memasarkan perguruan tinggi dengan PMB, Anda harus menyadari bahwa diperlukan strategi. Strategi adalah  cara untuk merencanakan agar perguruan tinggi  dapat unggul. Dengan kata yang lebih mudah strategi itu rencana dasar suatu aksi agar dapat mencapai tujuan,  yang mencangkup visi, misi, tujuan dan sasaran. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa strategi itu sifatnya jangka panjang dan sifatnya jangka pendek.  

“Kalau kita bicara memasarkan itu bukan hanya bercerita PMB tapi perguruan tinggi ini visi misi tujuan sasarannya apa? Jadi pada saat ini dilahirkan produknya harus dipahami apa yang disebut dengan produk knowledge jadi tidak hanya cukup memasarkan atau PMB.  Setiap orang unik setiap calon mahasiswa itu unik keinginannya macam-macam. Jadi, bagaimana taktik menjalankan rencana tersebut agar pelaksanaan strategi yang kita inginkan dapat dipakai”, ujar Budi Djatmiko.

Baca juga: Kampus Siapkan 5 Hal ini Menuju Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023

Konsep Marketing 4P

Berbicara tentang mahasiswa baru, terdapat strategi penerimaan mahasiswa baru atau sering disebut sebagai PMB. PMB  adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif kampus yang berkelanjutan. Karena dampaknya kalau tidak ada mahasiswa, kampus bisa saja gulung tikar. 

“Jadi intinya PMB  itu bagaimana kampus memiliki kiat mencari mahasiswa kalau dia tidak memiliki kemampuan mencari mahasiswa, itu sulitnya bukan main.  Jadi kalau dalam konsep PMB setidaknya kita menggunakan konsep marketing konvensional jadi ada 4P.” lanjut Djatmiko.

Konsep marketing 4p itu jika diimplementasikan pada perguruan tinggi adapun sebagai berikut:

  • Letak Kampus yang Strategis (Place)

Letak kampus yang strategis akan mengundang orang mau menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Selain itu, kampus yang nyaman bisa dibanggakan sehingga calon mahasiswa mau menjadi salah satu bagian dari kampus tersebut. Untuk itu, siapkanlah kampus yang menyediakan wifi, tempat nongkrong, tempat nugas dan lain sebagainya yang mengundang ketertarikan mahasiswa.

  • Prodi atau Kurikulum yang Bermutu (Product)

Produk kampus in artinya sesuatu yang dijual, seperti fisik kampus, program studi, dan kurikulum. Maka cara yang dilakukan adalah jadikanlah program studi yang menarik, misalnya kekinian, disenangi atau dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan program yang menarik dapat  mengundang mahasiswa mau masuk ke sana. Selain itu, juga bisa menyediakan kurikulum yang link and match dengan industri.

Produk ini juga menjadi jalan keluar terhadap permasalahan mahasiswa. Tujuannya adalah agar mahasiswa menjadi puas. Dengan kepuasaan mahasiswa maka dapat menjadi pemasaran yang lebih luas melalui cerita mahasiswa tersebut.

  • Uang Kuliah yang Kompetitif (Price)

Strategi uang  kuliah yang kompetitif, contoh dilakukan oleh Universitas Pamulang yaitu dengan biaya semesternya hanya sekitar Rp 1.75 – 2 Juta. Memang sangat murah namun mahasiswanya total hampir 90.000 orang.

  • Promosi   

Promosi ini artinya mengenalkan kampus, caranya  yaitu dengan  mengenalkan kampus, kurikulum, program studinya. Bisa melalui media sosial dan berbagai platform. Komunikasi dan layanan kepada  mahasiswa juga dapat membantu terbangunnya kepuasan mahasiswa.

Itulah 4p yang disampaikan oleh Budi Djatmiko. Beliau juga menyampaikan terkait ikhtiar langit dengan dua cara yaitu Ikhtiar mengetuk pintu langit dengan berdoa dan ikhtiar di bumi dengan bersungguh-sungguh selanjutnya menghasilkan hasil agar melancarkan proses penerimaan mahasiswa baru. 

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru: Tips, Cara Promosi, dan yang Dihindari

Selain itu, pada Webinar ini juga menghadirkan Qausya Faviandhani, SE., MM. yang menyampaikan materi terkait strategi penerimaan mahasiswa baru dengan 3A. Pertama Acknowledge your Campus, kenali terlebih dahulu kampus Anda apa yang dijual, apa kekuatannya, siapa targetnya dan pertanyaan lainnya. Kedua Analyze your data yaitu analisis data diperoleh dan dalami. Terakhir Activate your Strategy, jadi setelah datanya komplit setelah kita rapikan baru kita mengaktivasikan strategi tersebut.

Nah penasaran lebih detailnya bagaimana? Anda bisa menonton ulang Webinar tersebut di Youtube SEVIMA dan pastikan jangan sampai ketinggalan dengan webinar lainnya dengan mengunjungi sevima.com/event-sevima/.

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×