4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 27 Feb 2024

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengirim Email Lamaran Kerja

Shitny SEVIMA

KARIRLINK.ID – Zaman sudah semakin canggih. Kini, kita tidak perlu lagi mencetak lamaran kerja lalu mengirimkannya bersama amplop coklat. Hanya cukup menggunakan laptop atau handphone, kita sudah bisa mengirimkan surat lamaran beserta berkas pendukung lainnya. Semakin mudah dan fleksibel, ya.

Meskipun begitu, kita juga harus memperhatikan kapan berkas tersebut dikirimkan. Jangan sampai mengirimkan   berkas di waktu yang tidak tepat. Oleh sebab itu, banyak hal yang harus kamu perhatikan, seperti tenggat waktu, jam sibuk dan lain sebagainya. 

Baca juga: 5 Alasan Fresh Graduate Dibutuhkan Perusahaan, Simak Yuk!

Kapan Waktu dan Hari yang Tepat Mengirim Email Lamaran Kerja?

Kalau kamu mengirim email pada waktu terbaik, maka peluang dibaca recruiter lebih besar. Berikut ini adalah waktu dan hari yang tepat mengirim email lamaran kerja, yaitu?

  • Senin adalah Hari Terbaik Untuk Melamar Kerja

Banyak orang berpikir mengirimkan email lamaran kerja bisa kapan saja karena secara online. Padahal, tetap ada waktu terbaiknya. Kementerian Ketenagakerjaan yang dikutip dari CNBC Indonesia, menyampaikan hari terbaik mengirimkan lamaran kerja yaitu pada hari senin karena berada pada urutan awal lamaran yang masuk. 

  • Pagi Hari (Jam 6 Hingga 9 Pagi )

Pagi hari adalah waktu terbaik seseorang untuk merencanakan apa saja yang akan dikerjakan, termasuk memeriksa email lamaran kerja yang telah masuk. Nah, pada jam 6 hingga 9 pagi itulah jam terbaik untuk melamar kerja. 

Jika kamu mengirim email pada jam tersebut, emailmu akan menjadi salah satu yang pertama dilihat oleh recruiter. Jadi, usahakan email terkirim pada jam itu, ya.

  • Mengirim Setelah Makan Siang (Jam 1 hingga 2 Siang)

Selain pagi hari, kamu juga bisa mengirim email pada jam 1 hingga  2 siang atau setelah jam makan siang. Namun perlu diingat, jangan sampai lebih dari jam 2 siang, ya.

Jika kamu mengirim email lebih dari jam 2 siang, maka kemungkinan recruiter akan disibukkan dengan meeting atau pekerjaan lainnya. Sehingga, emailmu akan dibiarkan sampai keesokkan harinya. 

  • Kirim Email Lamaran di Hari Publikasi Lowongan

Salah satu waktu terbaik untuk mengirim email lamaran kerja yaitu saat informasi lowongan baru dipublikasi. Tentu, semakin cepat kamu melamar semakin baik, kan?

Selain itu, ini juga menjadi peluang besar bagimu. Apalagi, jika perusahaan membutuhkan pekerja segera. Jika kamu sesuai kualifikasi maka akan segera diproses.

Baca juga: SEVIMA Platform Sediakan Portal Job Terbaik untuk Lulusan

Itulah waktu dan hari yang tepat untuk melamar kerja melalui email. Sudah siapkan melamar kerja? Selain melalui email, kamu juga bisa melamar kerja melalui portal kerja Karirlink. Tinggal cek lowongan kerja lalu disesuaikan dengan bidangmu. Praktis banget, deh. Yuk langsung lamar kerja!

 

karirlink

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×