Info Sentra Vidya Utama | siAkad Cloud

Keamanan Terjamin! SEVIMA Gandeng AWS untuk Keamanan Data Kampus

SEVIMA.COM – Keamanan data perguruan tinggi adalah salah satu yang menjadi fokus utama SEVIMA dalam menjaga kepuasan mitra. Dengan menjamin keamanan data pelanggan, kita berusaha membayar kepercayaan perguruan tinggi yang telah memilih layanan Sistem Informasi Akademik (siAkad Cloud) dan EdLink di SEVIMA.

Saat ini sistem SEVIMA sudah digunakan oleh 500 kampus di Indonesia dengan lebih dari 2jt pengguna aktif yang menggunakan layanan Software as a Service (SaaS) berbasis Cloud ini, dan tentu saja ini akan terus meningkat. 

Untuk itu, kita ingin pengguna sistem ini merasakan manfaat yang lebih seperti performa sistem yang tinggi, koneksinya lancar tidak terputus-putus, server selalu online 24 jam tanpa ada down time, dan tak kalah penting penting lagi keamanan data Kampus.

Keamanan data perguruan tinggi di siAkad Cloud dan EdLink dijamin melalui kerjasama SEVIMA dengan platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia, yaitu Amazon Web Services (AWS). AWS sendiri sudah mengaplikasikan standar internasional dalam sistem keamanan data.

Keamanan Data Di Amazon Web Services (AWS) Cloud

Keamanan data di Amazon Web Services (AWS) Cloud tidak perlu diragukan lagi. Tak heran jika AWS Cloud juga digunakan di berbagai perusahaan besar seperti Twitter. Bahkan, instansi sekelas NASA pun juga menggunakan AWS. Agar lebih gamblang lagi kita uraikan bersama, standar keamanan yang digunakan AWS.

1. Mengikuti Standar Keamanan Peraturan Pemerintah Indonesia

Di Indonesia ada beberapa persyaratan untuk melindungi data pelanggan yang tercantum dalam beberapa Undang-undang yang menetapkan kewajiban untuk Operator Sistem Elektronik dalam menangani data pribadi, termasuk kewajiban keamanan dan kerahasiaan.

AWS sendiri sudah mengikuti UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Pengoperasian Sistem dan Transaksi Elektronik (PP 71) (yang mengamandemen Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Pengoperasian Sistem Elektronik dan Transaksi), dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik (Peraturan Menteri No. 20).

2. Infrastruktur Dipantau 24×7, Memenuhi Persyaratan Keamanan Paling Ketat di Dunia

Keamanan di AWS dimulai dengan infrastruktur inti yang telah memenuhi persyaratan keamanan paling ketat di dunia, infrastruktur dipantau 24×7 untuk memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data pelanggan kami. 

Untuk menjamin itu, AWS juga mempunyai Pakar keamanan kelas dunia yang memantau infrastrukturnya. Serta teruji pada kerangka kerja yang dijaminan pihak ketiga untuk memantaunya.

3. Bersertifikasi Jaminan Keamanan yang Diakui secara Internasional

Selain itu, AWS mengimplementasikan dan mengelola langkah-langkah keamanan teknis dan organisasional yang berlaku untuk layanan infrastruktur AWS cloud di bawah kerangka kerja dan sertifikasi jaminan keamanan yang diakui secara global, termasuk ISO 27001, ISO 27017, ISO 27018, PCI DSS Level 1, dan SOC 1, 2, dan 3. Langkah-langkah keamanan teknis dan organisasional ini divalidasi oleh penilai pihak ketiga yang independen, dan dirancang untuk mencegah akses tanpa otorisasi atau pengungkapan konten pelanggan.

Misalnya, ISO 27018 adalah kode praktik Internasional pertama yang berfokus pada perlindungan data pribadi di cloud. Ini didasarkan pada standar keamanan informasi ISO 27002 dan memberikan panduan implementasi terkait kontrol ISO 27002 yang berlaku untuk Personally Identifiable Information (PII) yang diproses oleh penyedia layanan cloud publik. Ini menunjukkan kepada pelanggan bahwa AWS memiliki sistem kontrol yang diterapkan yang secara khusus menangani perlindungan privasi konten.

4. AWS Dipercaya oleh Perusahan Besar dan Supper Apps

Selain itu, untuk menambah kepercayaan Anda menggunakan sistem SEVIMA yang telah bekerjasama dengan AWS. Anda perlu tahu bahwa Amazon Web Services (AWS) juga sudah dipercaya oleh banyak super Apps di dunia dan juga Indonesia, seperti: NASA, Netflix, Twitter, Traveloka, Gojek dan masih banyak lagi.

Itulah pembahasan terkait keamanan data di Amazon Web Services (AWS) Cloud. SEVIMA berharap dengan keamanan dan kecanggihan metode penyimpanan data dari AWS ini, bisa semakin menambah kepercayaan dan kemudahan bagi perguruan tinggi. Karena bagi kami, kepuasan mitra SEVIMA tetaplah alasan mengapa kami bekerja memberikan usaha terbaik kami setiap hari.

Sumber info: https://aws.amazon.com/id/compliance/indonesia-data-privacy/

Bagikan artikel ini

Komentar