Lomba Artikel

KEHIDUPAN DIGITAL DI KAMPUS 

Penulis: Muhamad Rois. S, Sk.Kom

STIKES Banyuwangi

Profil STIKES Banyuwangi 

STIKES Banyuwangi atau kepanjangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  Banyuwangi merupakan salah satu kampus kesehatan terbaik yang berada di  Kabupaten Banyuwangi, lebih tepatnya terletak di Jl. Letkol Istiqlah Nomor 109  Banyuwangi di Jawa Timur. Bangunan STIKES Banyuwangi terdiri dari beberapa  gedung diantaranya gedung rektorat, gedung S1, gedung D3, gedung auditorium  GBK, masjid, perpustakaan, laboratiorium dan beberapa gedung lainnya. STIKES Banyuwangi memiliki program studi diantaranya yaitu S1 Keperawatan & Profesi Ners,  S1 Kebidanan, S1 Gizi, D4 Teknologi Laboratorium Medis, D3 Keperawatan, D3  Kebidanan, dan D3 Farmasi. 

STIKES Banyuwangi dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan dapat digunakan oleh civitas akademik bahkan oleh tamu-tamu kehormatan STIKES Banyuwangi. Fasilitas tersebut dapat digunakan baik dalam kegiatan pembelajaran,  kegiatan kemahasiswaan, kegiatan keagamaan, pertemuan bahkan gedung  auditorium yang dapat disewa untuk berbagai kegiatan. Salah satu fasilitas unggulan  lainnya adalah jaringan intranet dan internet yang handal. Sehingga dapat mendukung  kegiatan-kegiatan baik akademik maupun non-akademik. 

Era Digital 

Saat ini kita berada pada era digital revolusi industri 4.0 dan bahkan di era  society 5.0. Revolusi industri 4.0 merupakan upaya transformasi menuju perbaikan  dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua  proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama. Revolusi Industri  4.0 menuntut civitas akademik untuk terus belajar dan berkembang seiring dengan  berkembangnya teknologi informasi. Berkembangnya proses belajar mengajar dari  offline menjadi online yang menjadikan proses belajar mengajar memberikan suasana  yang berbeda. Meskipun proses belajar mengajar secara offline akan memberikan  pembelajaran yang maksimal daripada online, namun dengan pembelajaran online menjadikan civitas akademik dapat belajar kapanpun dan dimanapun mereka berada.  Proses administrasi dan proses transaksi lainnya yang berada di STIKES Banyuwangi  mulai hybrid, yaitu dari proses yang awalnya hanya offline saja, kini menjadi dapat  dinikmati secara offline dan online yang menjadikan flexibiltas menjadi lebih tinggi. 

Sedangkan era society 5.0 menuntut civitas akademik untuk dapat  menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan dengan memanfaatkan berbagai  inovasi yang lahir di era Revolusi Industri 4.0 dan berpusat di teknologi. Pada era ini  banyak sekali muncul solusi-solusi yang tidak terpikirkan pada era sebelumnya dimana 

Solusi tersebut banyak memberikan dampak positif terhadap kehidupan manusia pada  umumnya dan pada dunia pendidikan khususnya. Seperti halnya penjadwalan yang  sebelumnya dapat dilihat pada mading-mading (majalah dinding) kampus, saat ini dapat  dilihat pada aplikasi WhatsApp dan bahkan melalui aplikasi yang dikelola oleh kampus,  seperti halnya aplikasi SiAkad Cloud yang sangat membantu dan memberikan solusi  yang efektif pada era ini. 

Kehidupan Digital di Kampus 

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan primer yang dapat memberikan  banyak manfaat kepada civitas akademik. Internet di kampus STIKES Banyuwangi  didukung dengan tersebarnya titik-titik WiFi (Wireless Fidelity). Dilengkapi dengan  bandwidth yang memadai yaitu sebesar 700 Mbps yang dapat menjadikan akses  informasi dunia pendidikan dan proses belajar mengajar menjadi lebih maksimal.  Secara logic, penyebaran titik WiFi ini menggunakan topologi mesh, sehinga  memungkinkan semua perangkat IT saling terkoneksi satu sama lain. Selain itu  dilengkapi dengan Bandiwtdh Management yang baik, sehingga besaran bandwidth  dapat dinikmati oleh orang-orang yang tepat dan pada saat yang tepat. Akses ke  aplikasi-aplikasi pendidikan digital semisal SiAkad Cloud menjadi lebih lancar. Akses  internet yang cepat dan sehat dapat memberikan dampak positif kepada seluruh civitas  akademik. 

SiAkad Cloud merupakan sebuah sistem informasi akademik berbasis cloud dari  SEVIMA yang dapat digunakan sebagai pengelolaan data dan administrasi di perguruan tinggi. SiAkad Cloud dapat menunjang berbagai macam kebutuhan kampus  STIKES Banyuwangi, diantaranya Pendaftaran Mahasiswa Baru, CBT atau Computer  Based Test, dan bahkan terdapat fitur video conference yang dapat dilakukan oleh  dosen dengan mahasiswa. SiAkad Cloud dapat diakses dari jaringan internet di kampus  ataupun dari luar kampus selama civitas akademik terkoneksi dengan internet. 

Transformasi digital sangat terasa pada kegiatan-kegiatan keseharian di  kampus, dari civitas akademik mulai memasuki kampus sampai dengan pulang. Hal  tersebut dapat dilihat dari hal terkecil sekalipun yaitu ketika memasuki kampus, terdapat  CCTV (Closed-Circuit Television) yang memantau orang-orang yang memasuki  kampus. Bahkan dengan tersebarnya titik-titik CCTV menjadikan tim admin CCTV  menjadi lebih mudah dalam memantau kegiatan civitas akademik selama berada di  kampus. 

Pada era pandemi Covid-19 ini juga, teknologi pencegahan juga sangat terasa di  sini. Kini pengecekan suhu tidak lagi manual menggunakan thermo gun, namun sudah  menggunakan teknologi pengecekan suhu secara otomatis jika civitas akademik  melewati mesin tersebut ataupun mendekatkan tangan ke mesin tersebut. Hal ini  memberikan proses pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi lebih efektif. 

Kemudian absensi yang sudah tidak lagi manual menggunakan kertas  melainkan menggunakan mesin digital yang memudahkan dalam proses absensi dan  juga pelaporan absensi. Jaringan intranet dan internet pada STIKES Banyuwangi  memberikan dukungan yang besar dalam penggunaan CCTV, mesin pengecekan suhu  tubuh, dan juga absensi yang terhubung dengan jaringan. Hal ini ditandai dengan  semakin mudahnya pengambilan data-data dari perangkat-perangkat tersebut selama  terkoneksi dengan jaringan. Didukung dengan pengamanan jaringan yang maksimal,  misal dengan password dan hak akses tertentu dari admin jaringan, menjadikan  perangkat-perangkat tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu yang  terpilih memiliki hak akses, sehingga tujuan flexibilitas tercapai dan diiringi oleh tujuan  keamanan dan kerahasiaan data yang terpenuhi juga. 

Dalam proses pembelajaranpun didukung oleh koneksi internet yang memadai  serta management bandwidth yang tepat sehingga mahasiswa dan dosen dapat mengakses informasi di internet dengan mudah. Management bandwidth di sini meliputi  dashboard login yang dapat digunakan oleh civitas akademik dalam mengakses  jaringan kampus. Besaran bandwidth yang diperoleh oleh masing-masing civitas  akademik dapat berbeda antar satu dengan yang lainnya. Hal ini menjadikan akses akses untuk konten pendidikan lebih diutamakan dan civitas akademik dengan  kebutuhan internet yang tinggi, akan lebih diutamakan. Sehingga kebutuhan internet  yang cepat dan tepat dapat terpenuhi. Dalam management koneksi internet juga didukung oleh management konten yang sehat sehingga internet dapat digunakan  dengan baik dan tepat guna. 

Selain dalam proses belajar mengajar, media informasi digital saat ini sangat  diminati. Oleh karena itu, STIKES Banyuwangi mengambil posisi dengan memberikan  informasi yang edukatif dan informatif melalui channel SBTV (STIKES Banyuwangi TV)  di youtube. Konten-konten hasil tangkapan kamera professional disimpan di Cloud  sehingga memudahkan editor dalam berkolaborasi menciptakan konten yang menarik.  Teknologi Cloud saat ini sangat memberikan flexibilitas yang tinggi kepada tim SBTV dalam mengembangkan SBTV. Tidak hanya dapat melakukan kolaborasi selama  berada di kampus, namun tim SBTV dapat berkolaborasi dimanapun dan kapanpun  berada, sehingga konten yang diberikan bisa up to date. 

Tidak kalah menarik, pada laboratorium juga mengambil posisi yang serupa  pada bagian teknologi. Begitu banyak perlengkapan kesehatan yang berada di  laboratorium yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademik. Hal ini menjadikan sistem  informasi laboratorium sangatlah penting untuk menunjang pelayanan laboratorium 

yang maksimal. Sistem informasi ini dapat diakses oleh civitas akademik melalui  jaringan internet. Pada sistem informasi ini, civitas akademik dapat melakukan  penjadwalan peminjaman perlengkapan laboratorium sesuai dengan kebutuhan. 

Selain dalam proses belajar mengajar dan media infromasi, tidak jarang  dilakukan video conference baik antar civitas akamedik maupun dengan alumni dan  bahkan dengan kolega. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa video conference ini  membutuhkan jaringan yang stabil agar dihasilkan video dan audio yang bagus. Oleh  karena itu, pengaturan management bandwidth sangatlah penting. Dengan pengaturan  management bandwidth menjadikan pengaturan bandwidth dapat disesuaikan pada  perangkat tertentu ataupun civitas akademik tertentu yang sedang melakukan video  conference. Hal ini menjadikan menjadikan komunikasi yang cepat dan tepat sehingga  dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat oleh civitas akademik.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar