+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing, AMANKAH?

Artikel JaringanTeknologi
 

adminweb

 

14 Juni 2019

SEVIMA.COM – Kelebihan dan kekurangan Cloud Computing, lebih dulu kita pahami tentang Cloud Computing (komputasi awan) yaitu gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan).

Sederhananya adalah Cloud Computing merupakan cara suatu komputer bekerja sama dengan layanan internet untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan data. Yang nantinya data dari komputer akan disimpan kedalam internet.

Seperti yang awan yang digambarkan dalam jaringan tersebut, bahwa di dalam jaringan tersebut ada sesuatu yang abstraksi atau yang disembunyikan. Sehingga yang dimaksud disini adalah bahwa orang lain dapat mengakses melalui internet sistem informasi layaknya user namun dia tidak bisa melihat secara detail bagaimana prosesnya.

Setiap komputer yang menggunakan komputasi awan berarti ia menjadikan internet sebagai pusat server untuk menyimpan data dan mengelola aplikasi pengguna. Bagi pengguna yang menggunakan teknologi cloud computing dalam menjalankan program, maka tidak perlu baginya proses instalasi dan pengguna bebas mengakses data pribadi melalui komputer dengan syarat terhubung internet.

Dalam penggunaan suatu hal pasti tidak terlepas dari segala kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan penggunaan cloud computing. Cloud computing memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Diantaranya dijabarkan seperti dibawah ini:

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

A. Kelebihan Cloud Computing

1. Mudah Di Akses dimana saja

Karena menggunakan cloud computing data kita tersimpan di dalam server di internet maka mudah bagi pengguna untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun asal terhubung dengan internet.

2. Murah

Penggunaan cloud computing sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

3. Hemat

Kelebihan lain dari cloud computing, dengan adanya sistem komputasi awan memungkinkan perusahaan atau instansi untuk mengurangi infrastruktur komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan cukup besar.

4. Fleksibel

Ketika data yang kita punya terlalu besar maka ia otomatis menambah kapasitas hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Sehingga tidak perlu melakukan penambahan jumlah komputer.

5. Ketersediaan Data

Sistem yang digunakan cloud computing sudah didesain high availability, sistem tersebut sudah berada pada data center yang sudah menjamin ketersediaan listrik, pendingin, dan lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam.

6. Skalabilitas

Penggunaan layanan cloud yang menyediakan dan menawarkan penyimpanan sesuai dengan permintaan pengguna, jadi di sini pengguna dapat dengan mudah melakukan manajemen data baik untuk mengurangi atau mereproduksi data yang akan disimpan di server cloud.

7. Aman

Jadi tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan cloud computing karena sudah pasti aman dan terjamin asalkan mencari partner yang memang sudah mempunyai mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.

B. Kekurangan Cloud Computing

1. Bergantung Pada Koneksi Internet

Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud computing. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat Anda, atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus.

Nah dari sinilah hambatan terbesar yang tengah terjadi di Indonesia, karena belum semua seluruh wilayah telah terjangkau oleh akses internet.

2. Harus Cari Vendor Yang Sudah Standarisasi untuk Menjamin Keamanan

Dengan menggunakan sistem komputasi awan berarti Anda mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data-data kepada cloud provider. Untuk itu anda harus mencari partner cloud computing yang sudah mempunyai sertifikat atau terstandarisasi ISO untuk menjamin keamananya.

Penerapan Cloud Computing

Cloud Computing yang kini mulai merambah di berbagai aspek, salah satunya mulai diimplementasikan dalam dunia pendidikan. cloud cmputing memungkinkan perguruan tinggi memotong biaya pembelian hardware dan software serta menghemat biaya pengeluaran untuk merekrut tenaga IT. Kampus hanya perlu membayar per bulan sesuai penggunaan dan memperoleh layanan back up data dan update software secara otomatis tanpa biaya tambahan.

Nah, salah satu Sistem Informasi Akademik yang sudah menerapkan cloud computing adalah SIAKAD Cloud. SIAKAD Cloud menjamin keamanan dan kerahasiaan data yang disimpan di server dan telah menerapkan teknologi Disaster Recovery Center yang akan menjamin keamanan data saat kejadian yang tidak diinginkan kampus. SIAKAD Cloud menjadi solusi sistem informasi akademik ZAMAN NOW. Ingin minta DEMO, rekan-rekan bisa langsung kunjungi: siakadcloud.com

Info Menarik Lainnya :


Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami