Kenapa Software Akuntansi Biasa Tidak Cocok Untuk Perguruan Tinggi?

FeaturedSIM SEVIMATeknologi
 

adminweb

 

07 Agustus 2019

SEVIMA.COM – Dewasa ini, sistem manajemen keuangan menjadi kebutuhan di segala lini, mulai dari perusahaan, pengusaha, start up hingga institusi perguruan tinggi. Manajemen keuangan sangatlah penting untuk diimplementasikan karena berkaitan dengan kegiatan penyimpanan dana, pemeriksaan, pengelolaan, perencanaan dan pengendalian yang dilakukan oleh organisasi tertentu.

Pemanfaatan teknologi informasi memiliki manfaat yang luar biasa besar, terutama bagi instansi pendidikan. Dengan menggunakan teknologi informasi, perguruan tinggi dapat menyediakan, mengelola, dan melaporkan keuangan dengan mudah, cepat, dan akurat. Selain itu, sistem informasi bagi manajemen memiliki manfaat untuk membantu terutama saat proses pengambilan keputusan.

Dalam akuntansi, Anda pasti mengenal sistem informasi manajemen keuangan atau sistem informasi yang berhubungan dengan masalah akuntansi. Sistem informasi keuangan memiliki peran penting untuk kemajuan perguruan tinggi, dengan adanya sistem manajemen keuangan perguruan tinggi bisa melakukan semua kegiatannya dengan lebih efektif dan efisien.

Namun, terkadang perguruan tinggi belum mengetahui harus menggunakan sistem manajemen keuangan yang seperti apa yang cocok dengan proses manajemen dan pelaporan keuangan perguruan tinggi. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia memakai cara alternatif yaitu mengimplementasikan sistem akuntansi seperti, sistem informasi akuntansi Jurnal, Zahir dan software akuntansi lainnya, padahal sistem ini tidak untuk perguruan tinggi namun untuk perusahaan.

Kalau kita cermati, banyak sekali perbedaan pengelolaan keuangan di perusahaan dan instansi perguruan tinggi, berikut alasan kenapa software keuangan atau akuntansi biasa tidak sesuai dengan proses manajemen keuangan kampus atau perguruan tinggi:

Kenapa Software Akuntansi Biasa Tidak Cocok Untuk Perguruan Tinggi?

1. Beda Fokus

Pertama, software akuntansi biasa seperti Jurnal, Zahir dll. memiliki fokus utama lebih ke perusahaan, dagang/perusahaan waralaba sehingga fitur yang ada, tentu saja fokus untuk jual beli barang/jasa, bukan untuk kebutuhan pengelolaan keuangan perguruan tinggi.

2. Tidak Terintegrasi Dengan Keuangan Akademik

Karena bukan diperuntukkan untuk perguruan tinggi sudah dapat dipastikan Software akuntansi biasa sulit bahkan tidak bisa diintegrasikan dengan keuangan akademik, khususnya keuangan akademik yang ada di sistem informasi akademik SEVIMA.

3. Mekanisme Manajemen Anggaran Kurang

Terkadang di beberapa Software akuntansi biasa, belum ada mekanisme manajemen anggaran sampai dengan pertanggungjawaban penggunaan anggaran seperti yang ada di perguruan tinggi.

4. Tim Support Tidak Berpengalaman Di Perguruan Tinggi

Untuk tim support dari software akuntansi biasa biasanya lebih fokus dan berpengalaman dalam masalah-masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan dagang/ perusahaan waralaba dan belum tentu paham betul permasalahan keuangan yang ada di perguruan tinggi.

5. Beda Tujuan

Perbedaan yang paling menonjol dalam pengelolaan keuangan di perusahaan dan perguruan tinggi adalah perusahaan cenderung mencatat penjualan/biaya operasional agar bisa memonitor untung/rugi dan berinvestasi. Sedangkan perguruan tinggi cenderung membutuhkan mekanisme anggaran dalam mengatur alokasi dana untuk menunjang dan meningkatkan mutu operasional perguruan tinggi.

Nah, bagaimana sudah jelas bukan kalau software akuntansi biasa itu tidak cocok dengan perguruan tinggi. Sekarang pertanyaan besarnya adalah adakah software akuntansi atau sistem informasi keuangan yang memang diperuntukkan untuk perguruan tinggi? tentu jawabannya ADA, yaitu SEVIMA Finance Cloud. Finance Cloud merupakan sistem informasi manajemen keuangan yang di desain khusus untuk memudahkan pengelolaan keuangan perguruan tinggi serta berbasis cloud.

Karena dikhususkan untuk perguruan tinggi, software akuntansi Finance Cloud mempunyai fitur-fitur yang memang diperlukan untuk memudahkan manajemen keuangan kampus. Bahkan pada saat launching SEVIMA Finance Cloud ini mendapat sambutan hangat dari beberapa civitas perguruan tinggi, banyak sekali yang ingin menggunakan dan menjadi perguruan tinggi yang pertama menggunakan manfaat Finance Cloud ini.

Perguruan tinggi rekan-rekan juga bisa merasakan manfaat Finance Cloud, boleh coba untuk meminta DEMO software keuangan SEVIMA Finance Cloud disini: financecloud.id

Video tentang SEVIMA Finance Cloud:

Premium WordPress Themes DownloadPremium WordPress Themes DownloadPremium WordPress Themes DownloadDownload Best WordPress Themes Free Downloadudemy paid course free downloaddownload redmi firmwareDownload WordPress Themes Freefree download udemy course

Komentar :