Success story

Keren! Prodi Baru Teknik Pembuatan Garmen AK Tekstil Solo Sukses Raih Akreditasi Baik Sekali dari BAN-PT

SEVIMA.COM – Program studi baru Teknik Pembuatan Garmen di Kampus Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta. Prodi ini berhasil mendapatkan prestasi luar biasa yaitu Akreditas dengan predikat Baik Sekali. Melalui wawancara online pada Rabu (17/03) lalu, Kepala SPMI AK Tekstil Solo, Rita Istikowati, S.T., M.T. menceritakan perjuangan kampusnya mendapatkan akreditasi tersebut. 

Proses akreditasi kampus

Perguruan tinggi yang bisa dibilang masih baru ini sukses melakukan proses akreditasi yang pertama kalinya tahun lalu. Berbagai upaya dan persiapan dilakukan agar proses akreditasi tersebut bisa berjalan lancar. 

Salah satu program studi yang dilakukan proses akreditasi adalah Teknik Pembuatan Garmen (TPG). Prodi ini merupakan salah satu prodi Diploma 2 yang dimiliki oleh kampus AK-Tekstil Solo. 

Kepala SPMI AK Tekstil Solo, Rita Istikowati, S.T., M.T. mengungkapkan bahwa proses akreditasi ini dilakukan dengan tim yang sangat solid. Semua berupaya penuh untuk mewujudkan suksesnya akreditasi tersebut. 

“Ini merupakan akreditasi pertama yang kami lakukan. Kami masih sama-sama belajar dari nol sehingga butuh keseriusan untuk bisa mensukseskan akreditasi ini,” ungkap Rita saat diinterview oleh tim SEVIMA Rabu (17/03) lalu. 

Proses akreditasi ini sendiri dilakukan melalui 9 standar. Yang mana seluruh tim sangat serius saat melakukan seluruh tahapan akreditasi ini. 

“Akreditasi ini harus kami lakukan sepenuh hati. Akreditasi ini merupakan ujung tombak kami agar membuat prodi ini bisa mendapatkan akreditasi baik sekali dari BAN-PT. Sehingga mematahkan mitos, bahwa tak selamanya prodi baru punya kualitas yang kurang,” tegasnya. 

Kebetulan tim akreditasi di kampus ini belum pernah punya pengalaman dalam melakukan akreditasi. Sehingga seluruh tim belajar dari nol. Namun, atas kerja keras dari tim, akhirnya sukses menjalankan akreditasi ini. 

Kerja keras tim memang patut diacungi jempol. Semua hasil yang didapatkan sesuai dengan yang kerja keras mereka. Terlebih di masa pandemi, mereka harus lebih menyiapkan tenaga ekstra untuk menyiapkan proses akreditasi tersebut. 

Lebih dekat dengan AK-Tekstil Solo

Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta atau biasa dikenal dengan AK-Tekstil Solo merupakan salah satu perguruan tinggi di wilayah Surakarta. Perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi baru yang berdiri sejak tahun 2015 di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

AK-Tekstil ini didirikan untuk menunjang perindustrian di Indonesia. Banyaknya demand di bidang industri, membuat kampus ini hadir untuk menyediakan sumber daya manusia yang unggul di industri produk tekstil. 

Saat ini, AK-Tekstil sudah menjalin relasi dengan 30 industri tekstil di Indonesia. Dengan menjalin mitra itulah, kampus ini mampu memberikan wawasan yang nyata kepada mahasiswa mereka untuk berkarya di bidang industri tekstil.  

Sistem pendidikan yang beda

Berbeda dengan akademi tekstil lainnya, kampus ini memiliki program dual system. Program ini merupakan sistem yang dilakukan kampus untuk mengajak mahasiswa belajar di kelas dan langsung mempraktekkannya di lingkungan industri. 

Mahasiswa tak hanya mendapatkan ilmu saja, namun juga tahu bagaimana membuat produk tekstil menjadi sebuah baju dan turunan kain. Disinilah mereka akan paham betul dengan tugas dan ilmu yang akan mereka dalami. 

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar