Event SEVIMA

Keren! Universitas Megarezky Tempati Posisi 7 PTS Terbaik di Makassar Versi Webometrics

SEVIMA.COM – Terus konsisten dalam melakukan perbaikan pendidikan di kampusnya, Universitas Megarezky berhasil menempati peringkat ke-7 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Makassar versi Webometrics Ranking. Sementara pada tingkat nasional menduduki peringkat 811.

Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Islam Universitas Megarezky (Unimerz) Mochammad Qalby mengatakan pemeringkatan yang dibuat oleh Webometrics Ranking dilakukan setiap tahun. Pada tahun sebelumnya Unimerz berada di peringkat ke-8, artinya tahun ini naik satu peringkat.

“Jadi berdasarkan Webometrics yang merupakan salah satu sistem pemeringkatan perguruan tinggi, Unimerz menempati posisi nomor 7 sebagai Universitas Swasta terbaik di Kota Makassar. Ini artinya sebagai sebuah universitas, Unimerz secara kualitas telah layak menjadi pilihan utama untuk menempuh pendidikan tinggi,” kata Qalby kepada SEVIMA, Rabu (21/12/2022).

Menurut Qalby salah satu indikator penilaian terhadap perguruan tinggi yakni research quality dan research impact. Pihak yayasan terus mendukung dan mendorong Unimerz agar secara konsisten melakukan riset dan publikasi sehingga pencapaian ini bisa diraih, meskipun bukan menjadi tujuan utama.

“Jadi, sebagai universitas yang diisi dengan berbagai bidang ilmu kami selaku pimpinan yayasan selalu memacu dan memberikan dukungan pada tenaga pengajar untuk melakukan riset dan publikasi,” ucapnya.

Qalby menegaskan pihaknya akan terus mengembangkan sarana dan prasarana kampus untuk memberikan pelayanan yang maksimal baik kepada mahasiswa maupun dosen dan tenaga kependidikan.

“Pemeringkatan yang dibuat oleh Webometrics dilakukan setiap tahun, di tahun-tahun sebelumnya kami ada di peringkat ke-8. Untuk meningkatkan itu tentunya kami akan terus mengembangkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang fasilitas yang dapat digunakan dalam riset dan penelitian,” ujarnya.

Webometrics Ranking diterbitkan berdasarkan penelitian berbasis website yang dilakukan terhadap lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di lebih dari 200 negara di dunia.

Cybermetrics Lab dalam situsnya menekankan bahwa Webometrics Ranking ini bukanlah merupakan peringkat atas website yang dimiliki universitas.

Melainkan peringkat universitas itu sendiri yang secara garis besar menggunakan indikator berkaitan dengan webometric (all missions) dan bibliometric (research mission).

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar