Flash News

Ketua ABP PTSI: Digitalisasi Kampus Pilihan Terbaik

SEVIMA.COM – Digitalisasi kampus sudah tidak bisa ditawar lagi di era distrupsi dan revolusi industri 4.0. Perguruan tinggi harus melakukan transformasi sesegera mungkin agar bisa tetap eksis dan berkembang.

Ketua Umum Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) Prof. Dr. Thomas Suyatno mengatakan dititalisasi kampus menjadi pilihan terbaik bagi perguruan tinggi. Masa pandemi menjadi lompatan untuk menuju digitalisasi kampus.

“Di masa distrupsi dan revolusi industri 4.0 bahkan menuju ke 5.0 saya kira pilihan terbaik adalah digitalisasi tidak bisa tidak,” kata Prof Thomas kepada SEVIMA, Rabu (2/11).

Menurutnya para pimpinan, khususnya perguruan tinggi harus meninggalkan pola pikir lama. Menginggat tingkat persaingan global yang tidak bisa dibendung.

“Budaya kampus harus diubah secara total menghadapi rea distrupsi dan revolusi industri ini, dari budaya birokratik ke budaya korporat yang mengedepankan efisiensi dan efektivitas,” ucapnya.

Prof Thomas mencatat di Indonesia terdapat 3.031 perguruan tinggi swasta. Namun dari angka tersebut lebih 50 persen di antaranya dinilai kurang sehat. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti tidak memperpanjang akreditasi, jumlah mahasiswa kurang dari 1.000, konflik internal, hingga kualitas dosen dan tenaga pendidik.

Menurut Prof Thomas, keadaan demikian banyak dialami oleh perguruan tinggi yang berada di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, dan terluar). Dengan kondisi tersebut, ia meminta kepada perguruan tinggi yang sudah unggul dan mapan bisa ikut berpartisipasi untuk membantu PTS yang kurang sehat.

“Perguruan tinggi yang sudah unggul dan mapan harus tetap menbantu, membina PTS kecil utamanya yang ada di wilayah pinggir apalagi di wilayah 3T, yang tidak mempu berbuat banyak menghadapi berbagai situasi dan kesenjangan,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar