Dunia Akademik | Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan

Keuntungan Magang Kampus Merdeka di Kantor SEVIMA

SEVMA.COM – Magang merupakan proses untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan, di dunia kerja secara langsung. Pemagang jadi bisa memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya.

Pengertian magang menurut Undang-Undang menyebutkan bahwa: magang merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang terselenggara di sebuah perusahaan.

Tujuan magang yang utama adalah mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri. Bahkan sekarang kemendikbud-Ristek sangat mendukung program magang ini dengan mengeluarkan kebijakan kampus merdeka dan magang bersertifikasi.

Manfaat Melakukan Magang

Banyak orang yang mungkin merasa malas dengan program magang. Terjun di dunia kerja sebagai pemagang harus rela menjadi kacung yang disuruh sana-sini.

Padahal ada banyak lho manfaat magang yang bisa kamu dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Program Magang Membuka Wawasan

Sebagai pelajar/mahasiswa pasti masih awam dengan dunia kerja. Program magang ini ibarat gerbang awal yang bisa kamu masuki untuk mengenal seluk beluk dunia kerja. Setelah melewati masa magang, harapannya, pemagang tidak akan kaget lagi ketika sudah lulus dan harus bekerja di industri.

Ada banyak wawasan yang bisa didapatkan dengan ikut program magang. Misalnya tentang pembagian tugas pada tiap-tiap divisi di perusahaan, keterlibatan pada sebuah project perusahaan, kebutuhan skill atau kompetensi pada suatu posisi, dll.

Semua wawasan yang didapat akan membuat kamu lebih siap masuk dunia kerja. Kamu bisa menjadi SDM yang siap kerja dan bisa diandalkan.

Baca juga : Program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

2. Memperluas Jaringan

Relasi atau jaringan adalah hal penting dalam dunia kerja. Dengan ikut program magang, kamu bisa bertemu orang-orang baru. Orang-orang yang berpengalaman di industri tentunya. Jaringan baru ini bisa sangat berguna saat kamu sudah masuk dunia kerja.

Hal ini ibarat investasi di masa depan. Kamu tidak akan tau bisa mendapat pekerjaan dari siapa. Maka dari itu, berusahalah bersikap baik pada semua orang yang kamu temui selama magang.

3. Mengembangkan Skill atau Keterampilan

Saat magang, kamu akan mendapatkan sejumlah tugas. Tugas-tugas tersebut biasanya membutuhkan keterampilan praktis. Kamu bisa belajar banyak dari setiap tugas yang diberikan untuk menambah skill baru, atau membuat skill-mu lebih efektif saat diterapkan pada suatu pekerjaan di industri.

Skill atau keterampilan yang bisa kamu dapatkan tidak melulu berupa hal besar. Hal simple seperti bisa menggunakan berbagai aplikasi yang disediakan Google secara efektif bisa sangat bermanfaat untuk pekerjaanmu nanti.

4. Memberi Nilai Lebih

Persaingan ketat di dunia kerja mengharuskanmu memiliki pembeda dan nilai lebih supaya dilirik oleh perusahaan. Pengalaman magang bisa kamu cantumkan di CV. Mencantumkan pengalaman magang akan membuat kamu memiliki nilai lebih dibanding pencari kerja lain.

Pengalaman kerja adalah pertimbangan penting bagi perusahaan. Sebagai fresh graduate yang pernah melakukan magang, namamu akan lebih dipertimbangkan.

5. Memberi Peluang Pekerjaan

Apabila selama program magang kinerja dan attitude-mu baik, dan juga memiliki kinerja bagus kamu memiliki peluang untuk diangkat sebagai karyawan saat perusahaan membuka recruitment. Setidaknya namamu akan masuk radar positif.

Baca juga : Magang Kampus Merdeka, Mahasiswa ITS dan 4 Kampus Ini Dapat Gaji Fantastis!

Program Magang Kampus Merdeka Di Kantor SEVIMA

Mahasiswa mana yang tidak mau, magang di perusahaan diakui sebagai 20 SKS dan digaji tiap bulan. Program magang itu bisa terjadi karena adanya kerjasama perguruan tinggi dengan industri dalam program “Kampus Merdeka, Merdeka Belajar” yang digulirkan Kemendikbud-Ristek.

Seperti yang dilakukan oleh Komunitas SEVIMA sebagai industri yang gerak cepat menjembatani serta mendukung perguruan tinggi untuk berkolaborasi, karena program ini sesuai dengan misi dan visi perusahaan yaitu meningkatkan kegiatan pembelajaran dan juga mewujudkan kader bangsa yang cerdas.

“Kerjasama antara SEVIMA dengan berbagai perguruan tinggi ini diharapkan mampu membantu untuk mewujudkan mimpi dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran. Selain itu, SEVIMA juga ingin mendorong kampus dalam mewujudkan kader bangsa yang cerdas, berdaya saing, dan berakhlak di kampus UTM,” ungkap Sugianto Halim, M.M.T. CEO SEVIMA

Saat ini 5 perguruan tinggi yang sudah bekerjasama dengan SEVIMA dalam implementasi kampus merdeka, diantaranya:

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS

2. Politeknik Negeri Malang

3. Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

4. Universitas Lampung (UNILA)

5. Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya .

MoU yang di Inisiasi oleh SEVIMA ini ditandatangani langsung oleh jajaran pimpinan dan rektor yaitu Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng.; Direktur Politeknik Negeri Malang Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M.; Rektor Universitas Trunojoyo Madura, Bapak Dr. H. Muh Syarif, M.Si.; Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA

UNILA) Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T.; serta Direktur Pengembangan Karir, Inovasi Kewirausahaan, dan Alumni UNAIR Surabaya Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg., MS.

Baca juga : Kuliah 3,5 Tahun sambil Magang di Era Kampus Merdeka

Magang Kampus Merdeka Dapat Gaji hingga 15 Juta

Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Dr. Muh Syarif mengungkapkan dengan adanya kerjasama ini nantinya bisa menjadi peluang tersendiri. Karena selain kegiatan magang di industri oleh mahasiswa diakui sebagai SKS, para mahasiswa juga bisa memperoleh pengalaman kerja serta gaji yang sangat menarik.

“Melalui MoU ini, SEVIMA membantu kampus UTM dalam mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan program MBKM. Sehingga mahasiswa bisa belajar dengan baik saat melakukan kegiatan pembelajaran di luar kampus ini, diakui sebagai perkuliahan senilai 20 SKS, dan digaji hingga 15 Juta Rupiah” terang Dr. Muh. Syarif

Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng juga menyampaikan, kerja sama ini dilakukan dalam rangka mendukung salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang terkait dengan pemagangan.

“Mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori di kampus, tetapi juga praktik di perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki mitra dengan kita,” ungkap Ashari didampingi Direktur Politeknik Negeri Malang Drs. Awan Setiawan, M.MT., M.M, Dekan FMIPA UNILA Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, M.T, dan Direktur Pengembangan Karir Prof. Dr. Elly Munadziroh, drg., MS.

Hingga saat ini, SEVIMA telah memiliki banyak kerja sama dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan mitra. Kerja sama ini tidak hanya dalam bentuk dokumen tertulis saja, tetapi juga direalisasikan dalam bentuk kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak.

Untuk saat ini, SEVIMA juga masih membuka peluang kerjasama program kampus merdeka untuk kampus-kampus di Indonesia yang siap berkolaborasi untuk kemajuan pendidikan dan pembangunan SDM di Indonesia.

Magang di Kantor SEVIMA

Untuk mahasiswa atau SMK juga bisa melamar langsung dalam program magang SEVIMA, untuk menimba ilmu dan pengalaman dalam dunia kerja. Teman-teman bisa cek beberapa lowongan magang dan kerja di laman berikut: https://sevima.com/internship/

Bagikan artikel ini

Komentar