Flash News

Kuliah Tanpa Perlu Merantau, Universitas Safin Pati Solusinya!

Warga Pati kini patut berbahagia. Mulai tahun ini di salah satu kabupaten di Jawa Tengah tersebut telah berdiri perguruan tinggi swasta yakni Universitas Safin Pati (USP), sehingga mahasiswa tak perlu jauh-jauh merantau saat akan kuliah.

Berawal dari keresahan para putra Pati yang melihat banyaknya pelajar yang melanjutkan pendidikan tinggi ke luar daerah. Mengingat di Pati memang belum ada universitas swasta yang berbasis umum.

Ketua Yayasan Safin Bina Bangsa H. Saiful Arifin mengajak warga Pati mendukung pendidikan di tanah kelahirannya. Saat hendak kuliah tidak perlu jauh-jauh keluar daerah, karena di Pati telah ada universitas swasta yang bisa menjadi pilihan.

“Mari sama-sama mendukung pendidikan di Kabupaten Pati. Pesan saya untuk calon mahasiswa kalau mau kuliah di perguruan tinggi swasta kenapa keluar dari Pati, di Pati ada perguruan tinggi yang baik mari kita kembangkan,” kata Saiful kepada Sevima, Senin (28/03/2022).

Tak hanya itu, ada tujuan mulia dibalik berdirinya USP yakni mendukung pendidikan di Kabupaten Pati, serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Baca juga: 5 Pendaftaran Beasiswa Kuliah 2022 Dibuka, Buruan Daftar!

Menurut Saiful yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Pati ini, di daerahnya memang sudah ada universitas yang berbasis agama, namun untuk yang berbassis umum belum ada. Hal itu menjadi tantangan baginya untuk bisa menghadirkan pendidikan yang beragam di daerahnya.

Dengan berdirinya Universitas Safin Pati ini maka akan menjadi pilihan bagi warga Pati saat hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Ia menambahkan USP merupakan gabungan dari tiga perguruan tinggi yang sudah ada. Hal ini sesuai dengan kebijakan dari Kementerian Pendidikan yang tidak lagi mengeluarka izin untuk mendirikan universitas baru, namun jika penggabungan dari yang sudah ada maka diperbolehkan.

Ketiga perguruan tinggi yang dibagung yakni Sekolah Tinggi yakni STIMIK Triguna Utama (Fakultas Ilmu Komputer), STIKES Duta Gama (Fakultas Ilmu Kesehatan) dan STIA ASMI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), serta ditambahkan satu fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Berbagai pilihan program studi ditawarkan oleh USP. Total ada 11 program studi yang disiapkan untuk menuju peguruan tinggi, sehingga calon mahasiswa memiliki banyak pilihan.

Ke-11 program studi yang ditawarkan di antaranya Sistem Informasi (S1), Teknik Informatika (S1), Administrasi Negara (S1), Administrasi Niaga (S1), Manajemen (S1), Ilmu Keperawatan (S1), Farmasi (D3), Kebidanan (D3), Ners (Profesi), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) dan Pendidikan Olah Raga (S1).

Baca juga: 6 PTN Siap Buka Jalur Berprestasi, Ini Dia Infonya!

Ia berharap dengan adanya perguruan tinggi swasta di Pati bisa turut meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Karena perputaran uang mahasiswa akan dirasakan juga dampaknya oleh warga Pati.

Menurutnya beberapa daerah yang memiliki banyak universitas seperti Malang dan Yogyakarta ekonominya berkembang berkat adanya mahasiswa. Mengingat biaya hidup mahasiswa juga tidak sedikit, mulai dari kos, kebutuhann alat tulis, serta untuk konsumsi.

“Di Pati ini penduduk hampir 1,4 juta tetapi belum punya universitas umum, artinya ada market dan kita buat lebih baik. Kalau mereka kuliah di luar daerah artinya membuang devisa Pati keluar. Kalau kita create di Pati kan perputarannya di dalam yang untung masyarakat Pati juga,” ucapnya.

Rektor Universitas Safin Pati, H. Murtono mengatakan keberadakan universitas ini diharapkan bisa mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di Pati. Sehingga ke depan bisa bersaing dengan daerah lainnya.

“Pati ini kabupaten yang besar dan SDM luar biasa tetapi kalau kualitas belum mumpuni tentu tidak akan bisa membangun dengan bagus. Universitas Safin Pati hadir untuk membangun SDM yang berkualitas dan bertaraf internasional,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar