Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa

Dosen UNAIR: Pemasaran Digital, Kunci Kesuksesan Bisnis

SEVIMA.COM – Sadar nggak sih dunia bisnis sekarang ini semakin lama semakin menjamur. Berbagai jenis produk bebas dijual belikan di pasaran. Namun, apakah kamu tahu jika memasarkan produk juga membutuhkan trik yang tepat? 

Yaps, belum banyak tahu, jika menjual produk ternyata harus memperhatikan banyak hal. Apalagi di dunia digital seperti ini. Dunia usaha harus dibarengi dengan proses digitalisasi yang matang. 

Memasarkan produk dengan proses digital dipastikan akan semakin mempermudah mahasiswa wirausaha. Namun, perlu diingat ya, sebelum kamu terjun pada proses digitalisasi marketing produk ini, kamu harus memperhatikan banyak hal. 

Menurut Yanuar Nugroho, S.E., M.Sc., Ak., CA., koordinator bidang pengembangan kewirausahaan DPKKA Universitas Airlangga, masa depan mahasiswa berwirausaha dengan memanfaatkan kecanggihan digital ini akan membuka peluang besar. 

“Mahasiswa yang memiliki usaha akan semakin mudah jika mampu memanfaatkan dunia digital. Proses marketing melalui dunia digital ini semakin mempermudah mereka memasarkan produknya. Hasilnya akan membuka peluang besar bagi mereka di dunia bisnis,” terang Dosen Akuntansi Fakultas Vokasi Unair pada acara Talkshow dengan tim SEVIMA. 

Baca juga: 10 Jurusan Favorit di Unair Surabaya 2021

Agar proses digitalisasi pemasaran produk semakin meningkat, Pak Yanuar berbagai tips seputar pemasaran produk secara digital kepada mahasiswa. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Mengikuti sharing dan mentoring

Meskipun dunia digital bisa dilakukan secara otodidak, namun nggak menutup kemungkinan jika kamu melakukan sharing dan mentoring dengan yang berpengalaman. Sharing dan mentoring sangat dibutuhkan untuk membentuk usaha yang lebih baik. Mahasiswa yang sedang merintis usaha ini bisa belajar banyak dari para senior wirausaha. Apalagi di dunia digital marketing nih. Harus banyak belajar asam garam perjalanan bisnis mereka. 

“Mahasiswa yang sedang menjalani dunia wirausaha, wajib hukumnya untuk belajar dari para senior. Terlebih di dunia digital marketing. Pengalaman senior di dunia bisnis bisa kamu pelajari dengan baik. Sehingga kamu bisa mengambil ilmu dari mereka,” katanya. 

2. Manfaatkan media sosial

Memasuki dunia industri 4.0, semua semua hal pasti berbau dengan media sosial. Semua produk yang kamu jual bisa kamu pasarkan melalui media sosial ini. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi, bisa dipastikan akan membantu pemasaran produk secara maksimal. 

“Mahasiswa wirausaha yang memanfaatkan media sosial dengan baik bisa meningkatkan omset mereka. Penggunaan media sosial saat ini bisa mempermudah pelaku bisnis mencapai target tersebut,” ujarnya secara lugas. 

3. Manfaatkan ecommerces 

Saat ini pemasaran produk tak hanya dilakukan dengan media sosial saja. Nmaun, pemasaran produk juga bisa dilakukan melalui ecommerces lho. Misalnya saja seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, OLX, dan lainnya. 

“Mahasiswa bisa memanfaatkan ecommerces yang sudah tersedia saat ini. Penggunaan alat pemasaran ini sangat memudahkan para pejuang bisnis memasarkan produknya dengan cepat,” tegasnya dengan jelas. 

Baca juga: 5 Tips Berwirausaha untuk Mahasiswa ala Dosen UNAIR

Berwirausaha di dunia digital memang tak bisa menggunakan cara konvensional saja. Namun, sebagai pelaku bisnis, kamu harus siap memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan begitu  kamu bisa pemasaran produk kamu lebih luas. 

Bagikan artikel ini

Komentar