Dunia Kampus | Kampus Terbaik

10 Jurusan Favorit di Unair Surabaya 2021

SEVIMA.COM – Universitas Airlangga (Unair) adalah salah satu kampus PTN BH yang terletak di Kota Surabaya. Kampus ini menjadi salah satu kampus paling favorit di Indonesia lho. 

Tak heran, banyak sekali calon mahasiswa yang berebut untuk mendapatkan kursi di kampus ini. Makanya, tingkat keketatan di kampus ini sangatlah tinggi guys

Setiap penerimaan mahasiswa baru, Universitas Airlangga selalu menyediakan beberapa jenis jalur masuk. Beberapa jalur masuk tersebut seperti SNMPTN, UTBK-SBMPTN, hingga jalur mandiri. 

Di Unair sendiri, sudah tersedia beberapa jurusan yang biasanya menjadi jurusan paling diminati di setiap jalur masuknya. Kira-kira jurusan apa saja sih yang menjadi jurusan paling diminati? Mau tahu gak nih ?

Baca juga: 10 Kampus Swasta Terbaik Versi Webometrics 2021

Nah, biar kamu gak penasaran, kita kasih tau nih beberapa jurusan yang paling dicari di Unair. 

1. Kedokteran

Jurusan kedokteran di Unair memang sudah sangat tersohor di seluruh negeri. Jurusan ini sudah banyak melahirkan banyak tokoh hebat di bidang kesehatan sejak masa Hindia Belanda lho. Maka tak heran jika banyak calon mahasiswa yang mengincar jurusan ini. 

Di tahun 2021 ini jurusan ini kembali diincar oleh banyak mahasiswa. Tercatat pada SBMPTN tahun lalu, jurusan ini dilirik oleh 2.146 peserta. 

2. Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat adalah salah satu jurusan yang paling laris diminati oleh banyak orang. Di kampus Unair, jurusan kesehatan masyarakat menjadi salah satu jurusan yang paling dicari. Tak heran, dari tahun ke tahun ribuan peserta memenuhi kuota pendaftaran di kampus ini. Tercatat 1.623 calon mahasiswa mendaftar melalui jalur SBMPTN. Sementara kuotanya hanya terdapat 72 kursi saja. 

3. Farmasi

Selain kesehatan masyarakat, jurusan yang paling banyak dicari adalah Farmasi. Lulusannya dijamin akan memiliki kompetensi yang hebat di bidangnya. Nah, jurusan farmasi di Unair juga menjadi salah satu jurusan yang dipenuhi banyak peserta lho. Pada tahun 2020, peminat jurusan ini mencapai 1.844. Sedangkan pada pada SBMPTN tahun ini hanya disediakan 75 saja. 

4. Kedokteran Gigi

Salah satu jurusan medis yang paling diminati di kampus Unair adalah jurusan kedokteran gigi. FYI nih, sama seperti jurusan kedokteran, jurusan kedokteran gigi di Unair merupakan jurusan yang sudah berdiri sejak jaman penjajahan Belanda dulu Sehingga, kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Inilah yang membuat banyak calon mahasiswa menginginkan masuk di jurusan ini. Pada tahun 2020, sebanyak 1.022 peserta memenuhi jurusan ini. 

5. Keperawatan

Selain jurusan kedokteran, jurusan yang juga banyak dicari di kampus Unair adalah keperawatan. Pada tahun ini, Unair hanya menyediakan kursi sebanyak 69 untuk kategori SBMPTN. Namun, menengok tahun 2020 lalu, peminat dari jurusan ini mencapai 1.214. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Kampus Islam Negeri Terbaik di Indonesia

6. Manajemen

Di bidang soshum, terdapat jurusan manajemen yang juga memiliki banyak peminat. Jurusan yang masuk dalam Fakultas Ekonomi Bisnis ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat 1.832 pada SBMPTN tahun 2020 lalu. 

7. Psikologi 

Jurusan Psikologi di kampus Unair rupanya juga menarik banyak peminat lho. Jurusan ini memiliki peminat sebanyak 1.993 pada SBMPTN 2020 silam. Sedangkan kursi yang tersedia hanya 72 saja. 

8. Akuntansi

Buat kamu yang suka dengan ilmu Akuntansi, jurusan ini juga bisa dijadikan pilihan. Namun siapa sangka, jurusan yang satu ini diminati oleh banyak sekali peserta SBMPTN. Tercatat 1.171 peserta SBMPTN bersaing untuk mendapatkan kuota SBMPTN. 

9. Ilmu Hukum

Selain jurusan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, jurusan yang paling banyak diminati adalah Ilmu Hukum. Kuota dalam jurusan ini hanya tersedia 90 saja pada tahun ini. Namun, jika dilihat dari SBMPTN tahun 2020, peminatnya mencapai 1.455.

10. Ilmu Komunikasi

Nah, jurusan yang paling banyak diminati di Unair adalah Ilmu Komunikasi. Jurusan ini memiliki banyak peminat, mencapai 1.137 pada SBMPTN 2020 silam. Sedangkan kuota yang disediakan pada SBMPTN tahun ini hanya 45 kursi saja. 

Itulah beberapa jurusan yang memiliki banyak peminat di Kampus Unair. So, buat kamu yang ingin mengambil jurusan tersebut, jangan lupa untuk terus belajar ya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan jurusan dan kampus impian kamu. 

Informasi masuk perguruan tinggi akan lebih jelas dan lengkap jika kamu temukan di maukuliah.id. Di platform ini, kamu akan dengan mudah mengenali dan menemukan jurusan yang ingin kamu masuki. 

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar