Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan | Siaran Pers

Laksanakan Program KMMI Kampus Merdeka, UNISDA Gandeng SEVIMA

SEVIMA.COM – Universitas Islam Darul ‘Ulum (UNISDA) Lamongan menjadi salah satu perguruan tinggi yang membuka program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Kemendikbudristek RI. Program ini merupakan program baru yang diluncurkan guna mendukung kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Kemendikbudristek RI.

“Dengan program KMMI ini, mahasiswa punya kesempatan belajar di luar kampus untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka dapatkan,” ujar Koordinator Course Digital Marketing and Advertising Program KMMI UNISDA sekaligus Ketua Program Studi Manajemen, Martha Laila Arisandra, M.M. saat dihubungi via Zoom (5/10).

Program KMMI Melibatkan Praktisi

Program KMMI ini berbeda dengan program implementasi Kampus Merdeka lainnya, KMMI merupakan program pendidikan pelengkap dari pembelajaran penuh yang dilakukan. Dikategorikan sebagai pelengkap, KMMI dapat digelar secara daring dan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 8 minggu.

Walaupun sebagai program pelengkap dan singkat, materi mata kuliah yang tersedia pada KMMI sangat komprehensif dan beragam. Program KMMI juga melibatkan  langsung mitra industri sebagai pengajar, sehingga materi yang diajarkan mampu selaras dengan apa yang dilakukan di dunia kerja.

Nah, salah satu program yang dikembangkan UNISDA adalah Digital Marketing (Pemasaran Digital). Tujuan khusus pengembangan digital marketing yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran praktik, mampu menjadi digital marketer yang profesional, mampu melakukan analisis kebutuhan strategi digital marketing pada sebuah perusahaan, mampu melakukan riset dalam bidang e-commerece, dan mengembangkan leadership serta soft skill.

Kolaborasi Dengan SEVIMA Untuk Sukseskan KMMI

Untuk mendapat hasil yang maksimal, UNISDA menggandeng praktisi Digital Marketing dari SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama) Surabaya, untuk menjadi narasumber di beberapa sesi KMMI. SEVIMA sendiri merupakan perusahaan yang telah lebih dari 15 tahun mengembangkan layanan edutech demi kemajuan teknologi informasi di dunia pendidikan Indonesia. 

Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) Digital Marketing ini telah dilaksanakan UNISDA mulia tanggal 18 Agustus sampai 23 September 2021 dan dan diikuti 120 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di-Indonesia, dengan dibimbing beberapa dosen profesional di UNISDA dan beberapa praktisi dari SEVIMA.

Dalam program KMMI Digital Marketing and Advertising ada 14 sesi yang dilakukan seperti, sesi Perkenalan Search Engine Optimization (SEO). Pada sesi tersebut, mahasiswa mendapatkan ilmu menarik tentang pengertian, cara kerja, dan penggunaan kata kunci pada SEO. Selain itu ada juga sesi terkait ‘Best Practice Digital Advertising’ yang menjelaskan cara paling efisien dan efektif untuk melakukan iklan digital di berbagai channel seperti di Facebook, Instagram, Google, YouTube, dan lain-lain.

Dan perlu diketahui mahasiswa, bahwa sertifikat yang dikeluarkan oleh KMMI juga bisa dikonversikan ke dalam nilai mata kuliah. Pak Marta mengatakan, walau program digelar selama 8 minggu, sertifikat KMMI bisa dikonversikan serta dengan 3 SKS di program studi asal. “Ini tergantung kebijakan dari program studi kampus asalnya,” imbuh Martha

Sementara itu, di sesi terakhir KMMI UNISDA, ada company visit virtual ke kantor SEVIMA yang berada di Surabaya. Pada sesi tersebut, narasumber dari SEVIMA memperlihatkan suasana kantor dan karyawan-karyawannya yang tengah bekerja. SEVIMA juga menjelaskan praktik digital marketing yang dilakukan, seperti praktik SEO, digital ads, dan email marketing. 

Banyak sekali peserta yang antusias bertanya ke narasumber seperti bagaimana cara magang di SEVIMA, layanan yang disediakan SEVIMA, dan lain-lain. Fadhol SEVIMA menjelaskan, “Seluruh layanan SEVIMA seperti siAkad Cloud, GoFeeder Cloud, dan EdLink telah digunakan oleh lebih dari 500 perguruan tinggi di Indonesia.” jelas Fadhol

Sesi company visit virtual di SEVIMA menjadi penutup program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia di UNISDA Lamongan. Tim SEVIMA berharap seluruh peserta mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk karir kedepannya.

“Semoga mahasiswa yang mengikuti program KMMI dari UNISDA ini mendapat ilmu yang bermanfaat, serta dapat menunjang karir mahasiswa kedepannya. SEVIMA jaga berterima kasih kepada UNISDA yang sudah memberikan kepercayaan kepada SEVIMA.” Pungkasnya

Bagikan artikel ini

Komentar