Dunia Dosen | Dunia Kampus | Tips & Trik

Langkah Jitu jadi Dosen yang Menyenangkan saat Kuliah Daring

SEVIMA.COM – Sudah setahun lebih dunia pendidikan di Indonesia melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Keadaan ini akibat situasi pandemi yang masih menghantui seluruh negeri. 

Meskipun harus dilakukan secara online, bukan berarti pendidikan di Indonesia harus terbengkalai. Hingga pembelajaran daring pun menjadi salah satu solusi yang harus dilakukan. Dengan begitu seluruh kegiatan belajar mengajar akan bisa berjalan dengan maksimal. 

Sayangnya, dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring terkadang membuat kondisi kelas tidak maksimal. Alhasil, dosen pun harus memikirkan strategi tepat agar kualitas pembelajaran secara daring tetap berjalan dengan maksimal. 

Untuk membantu Anda dalam meningkatkan kualitas mengajar, berikut adalah tips yang bisa Anda aplikasikan saat mengajar di kelas. Yuk simak!

1. Atur suasana hati dengan baik

Mengajar memang membutuhkan semangat yang tinggi agar bisa berjalan dengan baik. Sebelum mengajar di kelas, Anda wajib untuk mengatur suasana hati Anda sebaik mungkin. Dengan begitu, jika Anda merasa enjoy dan nyaman saat mengajar pasti mahasiswa Anda akan merasakan hal yang sama.  

Baca juga: Krusial! Ini Peran Dosen Dalam Implementasi Kampus Merdeka

2. Menyampaikan materi dengan sangat menyenangkan

Penyampaian materi yang cukup menyenangkan ini rupanya akan membuat ketertarikan yang erat antara dosen dan mahasiswa. Hal ini akan menimbulkan engaging yang sangat baik untuk membuat mahasiswa semangat dalam belajar meskipun secara daring. 

3. Menciptakan inovasi baru dalam penyampaian materi

Agar Anda bisa mengetahui kemampuan mahasiswa dengan baik, Anda bisa membuat inovasi baru yang berguna untuk melatih mahasiswa lebih kreatif dan inovatif. Biasanya Anda bisa menggunakan metode problem based learning

Melalui metode ini diharapkan akan menarik mahasiswa lebih kreatif dan inovatif. Dengan begitu tujuan pembelajaran bisa berjalan dengan sempurna. Metode yang inovatif ini Anda bisa memanfaatkan media pembelajaran yang mumpuni. Misalnya saja seperti EdLink. Dengan menggunakan EdLink, dosen akan lebih mudah dalam menyampaiakan informasi mata kuliah dengan mudah. 

4. Melakukan kolaborasi dengan mahasiswa

Meskipun belajar di rumah masing-masing, tak ada salahnya jika Anda melakukan kolaborasi dengan mahasiswa. Kolaborasi ini bisa Anda lakukan dengan mengadakan diskusi, penelitian, atau sharing yang bisa meningkatkan penyerapan materi pada mahasiswa. 

5. Mengulang hasil ujian untuk mengukur ketercapaian pembelajaran 

Setiap pembelajaran pasti ada ujian yang diberikan kepada mahasiswa. Nah, agar kegiatan belajar mengajar lebih menarik, Anda bisa membahas hasil ujian tersebut secara bersamaan dengan mahasiswa. Jadi jika terdapat hal yang tidak dipahami oleh mahasiswa, Anda bisa membahasanya secara bersamaan. 

Baca juga: Dosen Unnes yang Viral di Tiktok Bagi Tips untuk Para Pejuang Skripsi

Meskipun kegiatan belajar mengajar sangat berbeda. Namun bukan berarti mahasiswa dan dosen harus kehilangan momentum dalam meningkatkan ilmu dan skill yang dimiliki.  

Dengan memanfaatkan EdLink, dosen akan terbantu dalam memberikan materi kepada mahasiswa selama perkuliahan daring. Untuk itu perkuliahan Anda dijamin akan lebih menyenangkan. 

Bagikan artikel ini

Komentar