Dunia Akademik | Dunia Kampus | Dunia Mahasiswa

Lebih Dekat dengan Socio Techno Innopreneur

SEVIMA.COM – Tujuan utama dari berkembangnya dunia pendidikan tak hanya untuk mencerdaskan generasi bangsa saja. Namun, dunia pendidikan juga berperan untuk membantu memecahkan berbagai permasalahan sosial yang terjadi, misalnya saja seperti masalah menyempitnya lapangan pekerjaan dan kenaikan angka pengangguran di masa pandemi seperti ini. 

Melalui pidato yang dikemukakan oleh Presiden Joko Widodo pada Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) pada (27/7/21) lalu, perguruan tinggi diminta untuk menciptakan socio-techno innopreneur. Socio-techno innopreneur merupakan proses pengembangkan dunia usaha disertai dengan teknologi dan inovasi dalam berbisnis. 

Baca juga: 8 Kegiatan Kampus Merdeka

Peran Socio techno innopreneur di perguruan tinggi

Dulu, lulusan perguruan tinggi selalu erat hubungannya dengan bekerja di sebuah korporat. Namun, seiring berjalannya waktu, lulusan perguruan tinggi bisa berhasil menjadi wirausaha handal yang bisa membuka peluang lapangan pekerjaan bagi yang lain. 

Kewirausahaan pada perguruan tinggi memang sangat penting. Keberadaan dunia wirausaha di perguruan tinggi menopang harapan yang tinggi. Salah satunya membuat lapangan pekerjaan baru di masa yang akan datang. Dengan meningkatkan wirausaha di masa depan, lapangan pekerjaan pun akan terbuka lebar. Sehingga angka pengangguran di Indonesia pun bisa menurun. 

Melalui socio-techno innopreneur inilah berbagai permasalahan sosial tersebut bisa dipecahkan hanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif dan kreatif.

Salah satu contoh socio-techno innopreneur fenomenal di Indonesia adalah transportasi online. Transportasi online merupakan salah satu layanan yang memanfaatkan teknologi informasi yang menawarkan solusi transportasi kepada khalayak ramai. Keberadaan transportasi online membuka kesempatan kerja kepada masyarakat luas untuk mendapatkan pekerjaan baru. Inilah yang dimaksud dengan socio-techno innopreneur. Sebuah inovasi baru dari sentuhan tangan wirausaha kreatif untuk memajukan negeri.  

Baca juga: Jurusan Manajemen, Kelebihan dan Prospek Kerjanya

Proses pengembangan socio techno innopreneur di perguruan tinggi

Langkah yang bisa diambil perguruan tinggi untuk mengaplikasikan program ini adalah dengan melakukan peremajaan pada kurikulum hingga sistem belajar. Proses peremajaan ini akan mendukung perguruan tinggi bisa mengaplikasikan socio techno innopreneur agar mahasiswa bisa lebih tangguh dan kompetitif dalam dunia baru. 

Proses peremajaan ini berkesempatan memberikan peluang perguruan tinggi untuk melahirkan generasi baru yang cerdas dan mumpuni. Dengan demikian, perguruan tinggi di Indonesia bisa membantu menekan angka pengangguran di masa yang akan datang. 

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar