Siaran Pers

Mahasiswa UMK Diharapkan Berani Ciptakan Unicorn

SEVIMA.COM– Mahasiswa program studi (prodi) Teknik Informatika (TI) Universitas Muria Kudus (UMK) diharapkan berani untuk menciptakan startup hingga menjadi Unicorn pasca-mentas dari prodi TI UMK di masa mendatang. Hal tersebut menjadi bahasan khusus saat pelaksanaan kuliah tamu prodi TI yang dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 4 Gedung Rektorat UMK, Selasa (27/12/2022) secara hybrid.

Ketua Program Studi Teknik Informatika UMK, Mukhamad Nurkhamid S.Kom., M. Cs. dalam sambutannya menyampaikan, momen ini menjadi peluang bagi mahasiswa TI untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin. Sehingga, hal itu dapat menjadi bekal kelak saat akan memulai bisnis.

“Harapan kami dari program studi juga agar tidak hanya menjadi pegawai, tetapi juga dapat menciptakan lapangan bisnis,” tutur Nurkhamid.

Saya kira itu sangat mungkin untuk dilakukan rekan-rekan semua, sehingga mentas dari prodi TI, kalian semua bisa menjadi seorang enterpreneur, seorang pengusaha, khususnya di bidang komputer atau programmer,” sambungnya.

Di sisi lain, narasumber dalam kuliah tamu tersebut, Chief Marketing Officer (CMO) dari PT. SEVIMA, Ridho Irawan memberikan tips dalam membangun startup. Antara lain dengan berkiblat pada “7 Pertanyaan Peter Thiel untuk Inovasi Produk”.

Pertama, sebut Ridho, ialah The Engineering Question. Di mana jika kita benar-benar berbicara tentang inovasi, maka produk tersebut tidak akan menjadi peningkatan bertahap. “Untuk menjadi sebuah inovasi harus 10 kali lebih baik dari yang ada saat ini,” jelansya.

Selanjutnya ada The Timing Question, The Monopoly Question, The People Question. Kemudian, The Distribution Question, The Durability Question, dan terakhir ada The Secret Question.

“Di mana semua perusahaan hebat dibangun dengan menemukan jawaban atas rahasia, inilah inti dari inovasi,” terang Ridho.

Menutup statemennya, Ridho membagikan tips untuk mahasiswa TI UMK yang hendak memulai bisnis startup. “Ada lima kunci, yakni set up team, brainstorming, business plan, dartar PT, dan segeralah daftar paspor, mengingat sekarang sudah era globalisasi, jadi penting untuk pelaku bisnis startup untuk eksplor diri hingga ke luar negeri,” pungkasnya. (Humas-Linfokom)

 

Diterbitkan oleh Universitas Muria Kudus  pada 27 Desember 2022

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar