Berita | Dunia Kampus

Penting! Ini Manfaat Menanam Pohon di Lingkungan Kampus

SEVIMA.COM – “Menanamlah, jangan pikirkan siapa yang akan memetik. Jadikan asri Bumi sendiri”. Kalimat bijak ini merupakan ungkapan Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Universitas Gorontalo (UG), Dr. Dikson Junus, M.PA, saat ditemui awak media. Iya, saat itu, Dikson tengah bersama jajarannya melakukan kegiatan penanaman pohon di lingkungan kampus UG.

Bagi Dikson, menanam pohon sangat penting untuk lingkungan kampus. Yakni, mengurangi dampak pemanasan global. Yang paling penting, kata Dikson, manfaat estetis (keindahan). Pohon memiliki beberapa bentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karena itu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman.

“Struktur bangunan tanpa di imbangi dengan pohon akan terasa gersang. Sebaliknya apabila di sekitarnya di tanami pohon serta di tata dengan baik akan nampak hijau dan asri,” ungkapnya.

Baca juga : Pentingnya Punya SIAKAD yang Baik, Kampus Harus Tahu!

Manfaat pohon lainnya, lanjut Dikson, ialah manfaat Orologis, yakni akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah. “Belakangan di kabupaten Gorontalo ini sering dilanda banjir. Mudah-mudahan dengan pohon-pohon ini erosi dan pengikisan tanah akibat air hujan bisa diminimalisir,” terangnya.

Tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah resapan/persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya. Kemudian, dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman. Maka, kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.

“Lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air, dan manusia adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan,” paparnya.

Terakhir, kata Dikson, pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara. Disamping juga melindungi mata dari silau. Dan sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. “Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia,” pungkasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar