Dunia Kampus | Kampus Merdeka | Seputar Pendidikan

Mekanisme Kuliah Kerja Nyata Tematik Selama Pandemi

SEVIMA.COM – Proses penyelenggaraan KKN Tematik di sebuah perguruan tinggi merupakan sebuah implementasi dari program Merdeka Belajar Kelas Merdeka (MBKM). Melalui program KKN Tematik, mahasiswa bisa melakukan orientasi kegiatan yang terfokus dengan bidang permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat. Terutama permasalahan masyarakat di wilayah kota atau kabupaten tertentu. Melalui KKN tematik ini, mahasiswa langsung terjun menyelesaikan di dalam permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Namun, memasuki tahun 2020 kemarin, penyelenggaraan KKN Tematik di tengah pandemi mengalami sedikit perubahan. Dilansir dari dikti.kemdikbud.go.id, KKN Tematik berfokus pada Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). yang mana KKN Tematik harus disesuaikan dengan kebiasaan baru.

Baca juga: 8 Kegiatan Kampus Merdeka

Jenis KKN Tematik selama pandemi

KKN Tematik yang biasanya berjalan secara tatap muka sebulan penuh, harus diubah menjadi berbagai metode. Beberapa metode yang dilakukan antara lain KKN Tematik Covid-19 Daring, KKN Tematik Covid-19 Luring, KKN Tematik Literasi & Numerasi (secara daring dan luring).

1. KKN Tematik Covid-19 Daring

Ada proses penyelenggaraan KKN Tematik daring ini, mahasiswa bisa melakukan berbagai macam kegiatan KKN di masa pandemi seperti melakukan refleksi perubahan perilaku masyarakat di masa pandemi.

Hasil kegiatan tersebut bisa dilakukan dalam bentuk video atau tulisan yang digunakan untuk kampanye mengenai kebiasaan baru di lingkungan masyarakat. Yang pastinya, seluruh kegiatan tersebut terkait dengan Covid-19.

2. KKN Tematik Covid-19 Luring

Berbeda dengan KKN Tematik Covid-19 daring, KKN tematik yang satu ini dilakukan dengan proses sosialisasi kepada masyarakat secara langsung mengenai bahaya Covid-19. Di sini mahasiswa bisa melakukan pengamatan tentang pola yang berubah pada kegiatan masyarakat selama satu bulan.

Inilah saatnya mahasiswa bisa melakukan kontribusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat saat ini. Apalagi mendorong masyarakat untuk lebih melek dengan bahaya Covid-19.

3. KKN Tematik Covid-19 Luring, KKN Tematik Literasi & Numerasi

Berbeda dengan jenis KKN yang lain, jenis KKN ini dilakukan secara dua tahap, yaitu daring dan luring. Biasanya, KKN jenis ini dilakukan kepada mahasiswa yang akan melakukan program bimbingan belajar kepada para siswa/i Sekolah Dasar (SD) namun dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan baik.

Baca juga: Pentingnya Integrasi Sistem untuk Perguruan Tinggi, Agar Tidak Terjadi Administrasi Yang Rumit
Meskipun proses penyelenggaraan KKN tematik Covid-19 berbeda dengan KKN sebelumnya, namun kegiatan ini harus terlaksana dengan baik. Dengan dilaksanakannya program ini, mahasiswa akan tetap belajar mengenal berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Jadi, meskipun kondisi berubah, namun proses penyelenggaraan KKN Tematik tak boleh terhenti.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar