Lomba Artikel

Menciptakan Perawat Kompeten dan Cakap Digital dengan Platform SEVIMA

Penulis: Nita Linuria, S.Pd 
Kampus: Akper Bunda Delima

Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi. Dengan adanya revolusi 4.0 banyak membawa perubahan di berbagai sektor, tidak terkecuali dunia Pendidikan. Akademi Keperawatan Bunda Delima Bandar Lampung, dengan program studi keperawatan tentunya saja memiliki tantangan tersendiri, tak hanya menciptakan lulusan perawat yang kompeten tetapi juga  harus mampu menjadikan lulusan perawat yang cakap digital, untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja berbagai upaya dilakukan kampus kami. 

Menjadikan  mahasiswa menjadi  lulusan perawat yang berkompeten tentu saja menjadi tujuan utama kami, tentunya kegiatan yang relevan  selalu diadakan sebagai penunjang agar nantinya mahasiswa kami menjadi perawat yang kompeten.  Nah,  bagaimana dengan menciptakan lulusan perawat yang cakap digital?

Tentunya mahasiswa Akper Bunda Delima Bandar Lampung dituntut untuk bisa beradaptasi dengan Teknologi Digital, terbiasa menggunakan aplikasi pembelajaran  atau  gapah mengakses media online lainnya.  Gawai atau gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang tak  bisa lepas dari kehidupan sehari – hari, bagaimana kita memanfaat gadget sebagai salah satu media pembelajaran?

Pemanfaatan gadget sebagai usaha agar mahasiswa cakap digital salah satunya menggunakan Platform Sevima, yaitu  Aplikasi Edlink, dimana mahasiswa bisa mendownload Aplikasi Edlink melalui tablet atau smartphone mereka di aplikasi google play atau App Store. Dengan menggunakan aplikasi ini mahasiswa bisa merasakan pengalaman yang berbeda.

Dimana perkuliahan mereka bisa di akses dalam genggaman, mahasiswa bisa melakukan diskusi, video conference, men-download materi perkuliahan, melakukan presensi, mengumpulkan tugas, bahkan  melakukan ujian menggunakan Aplikasi Edlink. Tidak hanya itu mahasiswa bisa melakukan bimbingan akademik dengan dosen secara online, mengecek nilai perkuliahan, dan yang pasti Aplikasi Edlink yang mereka gunakan terhubung langsung pada siakad yang dimiliki mahasiswa. 

Selain memanfaatkan Aplikasi Edlink  agar mahasiswa melek digital, Platform Sevima lainnya yang kami gunakan, Sevima Gofeeder Cloud, yaitu layanan sistem informasi akademik yang mengakomodasi Perguruan Tinggi menengah ke bawah untuk membantu pelaporan ke Neo Feeder PD-DIKTI, mahasiswa bisa mengakses platform tersebut untuk kemudahan  pengisian KRS, pengisian kuisioner, mencetak laporan KRS maupun KHS.

Mahasiswa juga diberikan pilihan ketika melakukan pembayaran perkuliahan, mulai menggunakan ATM, Internet/Mobile Banking, melalui Indomaret,  serta melalui E-Commerce seperti aplikasi Shopee, Tokopedia, dll. Mahasiswa dapat mengakses semua kemudahan itu melalui akun siakad mahasiswa.  

Mahasiswa harus mampu beradaptasi menggunakan Teknologi Digital, dengan platform yang disediakan Sevima, dari awal persiapan perkuliahan, proses perkuliahan, sampai dengan hasil perkuliahan mahasiswa dapat mengakses dimanapun dan kapanpun. Tujuannya ketika mahasiswa harus berhadapan dengan media teknologi digital, mahasiswa sudah terpapar mengenai hal tersebut.

Bagaimana mungkin mahasiswa perawat berstatus kompeten jika pada saat ujian kompetensi mahasiswa masih bingung dengan aplikasi yang disediakan, setidaknya walaupun aplikasi yang mereka gunakan sedikit berbeda, tetapi mereka sudah terbiasa ujian menggunakan perangkat /aplikasi secara online.  Kecakapan digital perawat yang berkompeten tentu saja dapat meningkatkan mutu lulusan dan memiliki daya saing ketika mahasiswa sudah terjun ke dunia kerja.  #platformsevima #sevima #perawatkompetencakapdigital

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar