Mengenal dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana untuk Perguruan Tinggi

Aplikasi OnlineSIM SEVIMA
 

adminweb

 

06 Januari 2020

SEVIMA.COM – Pembukuan adalah hal yang penting dalam berbagai lini bisnis tak terkecuali perguruan tinggi. Mengapa demikian? Karena pembukuan terkait erat dengan masalah keuangan dan kita memiliki ingatan yang terbatas. Oleh karena itu kita membutuhkan sistem pencatatan yang sederhana dan mudah dimengerti. Pembukuan yang sederhana belum tentu bisa dengan mudah dipahami, karena mungkin informasi yang disajikan tidak mencukupi.

Sebagian staf keuangan kampus beranggapan membuat pembukuan keuangan adalah hal yang rumit. Jadi meskipun mereka mengetahui bahwa hal ini penting, terkadang tidak menjadi prioritas dan malah ditunda-tunda. Namun jika diteruskan hingga berlarut-larut, maka bisa menyebabkan proses bisnis kampus menjadi tersendat-sendat.

Selain untuk mengetahui kondisi keuangan perguruan tinggi secara akurat, pembukuan keuangan juga dapat menghindarkan kampus anda dari kecurangan dalam keuangan, membantu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam beberapa kebijakan perguruan tinggi.

Jenis pembukuan sederhana dalam laporan keuangan

Pembukuan sederhana di perguruan tinggi terdiri dari beberapa jenis pencatatan yang bisa anda buat dengan mudah, yaitu:

1. Pembukuan Catatan Kas

Jenis ini, sering juga disebut dengan buku kas. Buku kas ini, merupakan gabungan catatan antara transaksi pengeluaran dan pemasukan. Untuk membuat pembukuan ini sangat mudah lho! Anda hanya perlu menuliskan semua pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam aktivitas perguruan tinggi anda.

Pemasukan dan pengeluaran dalam perguruan tinggi sangat penting untuk dicatat dan diketahui. Supaya anda bisa lebih mudah untuk target dan lain sebagainya. Anda bisa mencatat mulai dari pemasukan, belanja pembelian, kegiatan operasional, administrasi, gaji karyawan dan lainnya dalam pembukuan kas ini setiap bulannya.

2. Pembukuan Inventaris Aset

Pembukuan inventaris aset ini bisa sangat membantu anda untuk menjaga aset perguruan tinggi, supaya tetap terkendali dan bertambah. Nah, isinya berupa catatan setiap barang atau aset yang dibeli dan miliki. Tapi, jangan lupa sewaktu mencatat aset baru, lakukan juga pencatatan pengeluaran kasa atas pembelian barang tersebut ya.

Ada beberapa manfaat dari pencatatan inventaris barang ini, yaitu:

  • Mempermudah pengawasan aset.
  • Menjaga atau mencegah barang agar tidak mudah hilang.
  • Meringankan beban untuk melakukan pengecekan barang.
  • Mempermudah kegiatan mutasi atau penghapusan barang.
  • Bentuk pertanggungjawaban dengan memiliki bukti tertulis terhadap pengelolaan barang.

Contoh cara membuat pembukuan sederhana

Contoh pembukuan catatan kas. Dalam pembukuan catatan kas ini anda bisa menggabungkan transaksi antara buku kas pemasukan dengan pengeluaran perguruan tinggi. Biasanya yang ada di dalam pembukuan kas ini meliputi judul, uraian, tanggal, penerimaan (debit), pengeluaran (kredit), saldo, dan total dari debit dan kreditnya. Anda bisa melihat contohnya melalui gambar screenshot dari aplikasi finance cloud di bawah ini:

Pembukuan sederhana ini bisa membantu anda mengetahui kondisi perguruan tinggi dan target yang diinginkan. Nah, supaya segala pencatatan atau pembukuan sederhana anda bisa lebih rapi dan teratur, anda bisa menggunakan aplikasi finance Cloud dari SEVIMA. Dijamin, pencatatan keuangan perguruan tinggi anda lebih optimal dan akurat. Financecloud.id

Download Best WordPress Themes Free DownloadDownload Best WordPress Themes Free […]

Komentar :