16 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Info SEVIMA • 15 Mar 2022

Kunjungi Jawa Timur, Menko Luhut Inspirasi Mahasiswa Universitas Airlangga dalam Leader Talk

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan kembali melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Timur.  Menko Marves melanjutkan kembali kunjungannya ke Universitas Airlangga (Unair). Di sana Menko Luhut menjadi narasumber dalam Airlangga Forum edisi 103 dengan tema Leader Talk: Pengembangan Investasi Pasca Pandemi untuk Transformasi.

“Di sini saya senang sekali bisa bertemu dengan para mahasiswa pascasarjana. Saya harap ilmu yang saya bagikan dapat bermanfaat, terutama mengenai apa yang akan Indonesia lakukan pascapandemi untuk ke depannya,”kata Menko Luhut dihadapan seluruh mahasiswa dan mahasiswi pasca sarjana Unair.

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan memaparkan beberapa hal, yaitu mengenai kondisi penanganan pandemi Covid-19, hilirisasi industri nikel, kemampuan sumber daya manusia yang didukung pendidikan tinggi, keberhasilan kerjasama investasi Indonesia dengan berbagai negara, komitmen Indonesia sebagai pemimpin untuk energi baru dan terbarukan melalui industri hijau, hingga pembahasan mengenai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atau local content dalam sebuah produk di Indonesia.

“Negara ini sangat besar dan kalau kita bersatu, terintegrasi, kita akan jadi negara yang hebat yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri,” tegasnya. 

Menko Luhut juga menambahkan, bahwa dirinya sudah bertemu dengan berbagai pemimpin dunia untuk melakukan investasi di Indonesia salah satunya Mohammed bin Salman Al Saud (MBS) selaku Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Arab Saudi Dia juga Ketua Dewan Urusan Ekonomi dan Pembangunan.

“Saya ketemu sama MBS dan dia mau menerima baik dan sudah langsung mau menanamkan investasinya di kita, terutama terkait isu bidang energi ramah lingkungan dan karbon. Ini bukti bahwa negara kita dipandang baik dan kita harus bangga,” ujarnya.

Menko Luhut dalam akhir paparannya menyampaikan pesan kepemimpinan kepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk menjadi seseorang yang multidisipliner. Tidak hanya menguasai satu topik, tetapi berbagai topik seperti keuangan, hukum, dan teknologi dalam rangka menghadapi era digital. 

Hal lain yang ditekankan, adalah semangat persatuan kita semua dalam menghadapi sebuah masalah.

“Kita ini perlu terus bersatu. Pasca pandemi Covid-19 ini kita bisa membuat berbagai inovasi ke depannya, membuat kita menjadi lebih resilience , dan mampu selesaikan masalah kita,” kata Menko Luhut.

Seusai kunjungan lapangan dilakukan, Menko Luhut juga mengadakan rapat koordinasi terkait pembukaan Bandara Surabaya bersama Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

Di dalam rapat tersebut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan beberapa poin kesiapan PPLN dan umrah.

“Sebetulnya sudah kami siapkan berbagai fasilitas untuk PPLN dan umrah. Kami sudah koordinasikan terus dengan TNI Polri, dinas kesehatan, otorita bandara, imigrasi, kepala asrama haji, hingga kakanwil kementerian agama,” pungkas Gubernur Khofifah.

Menko Luhut mengatakan agar mencoba menggunakan sistematika yang sudah diujicobakan di Bali dan selalu mengutamakan kehati-hatian.

“Pokoknya kita jangan gegabah, kita coba secepatnya. Nanti juga akan ada para ahli kita yang coba susun kajiannya bagaimana, supaya semua tetap aman,” tegasnya saat ditemui awak media seusai rapat.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

×