Flash News

Menuju Virtual University UNBAJA Gandeng SEVIMA

SEVIMA.COM

Universitas Banten Jaya (UNBAJA) tengah mempersiapkan diri menuju virtual university. Langkah awal dimulai dengan melakukan transformasi digital untuk sistem informasi akademik.

Rektor UNBAJA Prof. Dr. Drs. Muhammad Syadeli Hanafi, M.Pd mengatakan era digital membuat perubahan gaya hidup masyarakat, tentunya bidang pendidikan tak boleh tertinggal dan harus mengikuti perubahan zaman.

“Tantangan ini yang disikapi oleh UNBAJA untuk mengembangkan pendidikan dengan model pembelajaran berbasis IT,” kata Syadeli kepada SEVIMA, Selasa (10/1/2023).

Syadeli menuturkan sejak pandemi Covid-19 dunia pendidikan terpaksa harus menerapkan pembelajaran daring atau online. Hingga saat ini pun pembelajaran online masih tetap dilakukan, walaupun telah beralih ke sistem hybrid. Hal itu menjadi salah satu semangat UNBAJA untuk mewujudkan virtual university.

“Model pembelajaran hybrid digunakan UNBAJA sebagai antisipasi perubahan di bidang teknologi, karena kelak nanti kami akan menuju virtual university, UNBAJA sedang mengarah ke sana,” ucapnya.

Untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut, UNBAJA menggandeng SEVIMA sebagai perusahaan yang menyediakan platform edukasi terintegrasi. Harapannya mahasiswa dan dosen bisa mendapatkan pelayanan yang bisa diakses dimana dan kapan saja, karena semua sudah berbasis online.

“Dengan sistem yang ditawarkan SEVIMA ke UNBAJA saya anggap ini langkah awal menuju virtual university. Pelayanan tidak lagi dilayani oleh petugas dalam tanda petik secara langsung tetapi dilayani oleh mesin, kami berusaha semaksimal mungkin memberikan layanan yang memudahkan,” ucapnya.

Syadeli membayangkan pada tahun 2040 mendatang mahasiswa akan jarang terlihat di kampus, karena semua sudah dilakukan secara online. Semua aktivitas tidak memerlukan lagi mahasiswa untuk datang ke kampus.

“Ini tantangan berat karena tentu membutuhkan modal yang besar. Tapi dengan bantuan SEVIMA kita bisa mewujudkan virtual university. Mungkin nanti 2040 akan terwujud kampus-kampus jadi kosong hanya tinggal gedung yang megah, karena pembelajaran sudah menggunakan berbasis IT,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar