10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 29 Feb 2024

MOOC EdLink Bantu Mahasiswa Upgrade Skill di Luar Kampus

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Tingginya tingkat pengangguran terdidik karena lapangan kerja yang terbatas serta persaingan ketat membuat perguruan tinggi harus lebih sigap menyiapkan lulusan yang berkualitas. Hingga saat ini, data dari Menteri Tenaga Kerja menunjukan bahwa pada tahun 2022, 12% pengangguran di Indonesia didominasi oleh lulusan sarjana.

Besarnya angka pengangguran ini diakibatkan tidak ada link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri kerja. Hal ini menjadi PR bagi perguruan tinggi agar mempersiapkan lulusannya untuk relevan dengan permintaan industri.

Masalah ini akan mempengaruhi Poin Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 bahwa lulusan mendapatkan pekerjaan layak setelah 6 bulan ijazah terbit dan akreditasi. Perguruan tinggi seharusnya mempersiapkan mahasiswa dengan skill yang relevan sesuai kebutuhan industri agar mampu bersaing. Semakin banyak mahasiswa yang memiliki skill sesuai dengan kebutuhan industri, maka dampaknya akan mempengaruhi kesuksesan poin IKU 1. 

Untuk mencegah permasalahan tersebut, perguruan tinggi dapat mengoptimalkan beberapa strategi untuk meningkatkan skill mahasiswa. Seperti apa strateginya? Berikut pembahasannya.

Cara Meningkatkan Skill Mahasiswa

1. Memetakan Bidang Perusahaan yang Dituju

Sebelum eksplorasi pembelajaran, kampus dapat mengarahkan mahasiswa untuk memetakan industri yang akan dituju setelah lulus. Melalui pemetaan ini, mahasiswa secara mandiri dapat memetakan skill yang dibutuhkan untuk menunjang kebutuhannya.

Baca juga: Mohammad Nurdin Bersama Ratusan Rektor Hadir Dalam Executive Forum SEVIMA

2. Menyalurkan Skill Melalui Kegiatan Magang

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perguruan tinggi bisa membantu mahasiswa mendapatkan wadah yang tepat untuk menyalurkan skill. Salah satunya adalah kegiatan magang. Melalui kegiatan magang ini, mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman secara real. Harapannya, mereka bisa lebih terbiasa ketika sudah terjun di dunia kerja.

3. Menyediakan Platform Kelas Skill Online

Akhir-akhir ini kelas online atau e-learning kian populer karena kemudahan untuk akses pembelajaran di mana saja dan kapan saja. Berbagai kampus telah menerapkan Massive Online Open Courses (MOOC) untuk memudahkan mahasiswa belajar mandiri sesuai passion yang dimiliki.

Salah satu platform pembelajaran terbaik untuk mengasah skill yang telah terintegrasi dengan sistem akademik kampus adalah SEVIMA EdlLink. Kini SEVIMA Edlink telah sudah hadir dengan fitur terbaru, yaitu MOOC melalui Kelas Merdeka. Fitur ini membantu mahasiswa eksplorasi bidang yang ingin dipelajari. 

MOOC SEVIMA Edlink Bantu Mahasiswa Meningkatkan Skill Mahasiswa

Hadirnya MOOC SEVIMA Edlink merupakan bentuk inovasi SEVIMA Platform untuk membantu mahasiswa mempelajari berbagai materi yang tidak ada dalam perkuliahan reguler. Di MOOC ini mewadahi berbagai pembelajaran pada laman Kelas Merdeka.

Laman ini dirancang khusus untuk meningkatkan skill mahasiswa melalui kelas online. Sesuai dengan namanya “Kelas Merdeka”, fitur ini memerdekakan mahasiswa untuk memilih materi belajar sesuai jurusan atau pun lintas jurusan.

https://edlink.id/panel/courses

Tidak hanya kelas online terkait dunia perkuliahan, Kelas Merdeka SEVIMA EdLink juga memiliki berbagai praktisi untuk mahasiswa mempelajari dunia kerja. Kelas-kelas ini berisikan kelas softskill terkait branding diri, tips interview, hingga pengenalan posisi pekerjaan di berbagai bidang dari praktisi ahli yang kredibel.

Melalui kelas ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih mempersiapkan diri untuk unggul di persaingan mencari kerja yang  sangat ketat. Plus, kelas online ini dapat menyesuaikan dengan jadwal luang mahasiswa sehingga tidak mengganggu pembelajaran reguler. 

Baca juga: Hj. Tini Rahayu Bersama Ratusan Rektor Hadir Dalam Executive Forum SEVIMA

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai tips meningkatkan skill dan kompetensi di dunia kerja melalui Kelas Merdeka Edlink. Bagi Anda yang tertarik agar mahasiswa di kampus Anda ikut Kelas Merdeka Edlink, yuk segera diskusikan dengan tim SEVIMA.

Tags:

kuliah online mooc

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×