10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Mahasiswa • 19 Feb 2024

MOOC, Mudahkan Mahasiswa Belajar Mandiri 

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Massive Online Open Courses (MOOC) merupakan program pembelajaran terbuka di sebuah universitas yang dapat diikuti secara daring. Saat ini, pengembangan MOOC di kampus-kampus Indonesia terus dilakukan untuk kemudahaan akses pendidikan bagi setiap orang. 

Kelas-kelas yang ditawarkan oleh perguruan tinggi sangat beragam, mulai dari materi jurusan hingga peningkatan skill yang kini dibutuhkan di dunia kerja.  Melalui kelas MOOC, mahasiswa kini dapat bebas untuk belajar mandiri sesuai passionnya di mana saja dan kapan saja. 

Lalu, bagaimana MOOC dapat mendorong mahasiswa untuk belajar mandiri?. 

Hadirnya MOOC di Dunia Pendidikan Indonesia

Hadirnya MOOC memberikan akses seluas-luasnya bagi mahasiswa dan kampus untuk mengembangkan berbagai pembelajaran yang beragam. Pembelajaran yang berbentuk kelas-kelas ini dapat membantu mahasiswa untuk mempelajari kelas yang tidak didapatkan pada pembelajaran regular. 

Di beberapa kampus di Indonesia rupanya juga sudah memiliki MOOC sebagai penunjang untuk meningkatkan skill. Tak hanya digunakan oleh mahasiswa saja, namun juga masyarakat umum yang ingin meningkatkan skill mereka. 

Pengguna cukup mengakses berbagai kelas dengan mudah dan praktik. Tak hanya itu, MOOC juga dinilai sangat efektif untuk keberhasilan peningkatan skill yang terjangkau namun berkualitas. 

Hadirnya MOOC telah membuka sekat keterbatasan bagi mahasiswa yang tidak memiliki akses untuk belajar skill lain. Selain itu, melalui MOOC ini, mahasiswa dapat belajar sesuai dengan jadwal mereka sendiri, tanpa harus terikat oleh waktu atau tempat tertentu. Hal ini sangat penting mengingat tantangan mobilitas dan jadwal yang padat bagi sebagian besar mahasiswa di Indonesia.

Belajar Mandiri dengan MOOC EdLink SEVIMA Platform

SEVIMA sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi kini turut berkontribusi menghadirkan MOOC pada Modul Edlink SEVIMA Platform. Fitur unggulan yang disebut sebagai Kelas Merdeka ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah wawasan dari kampus lain. 

Akses Kelas ini tidak hanya menyediakan kelas materi dari dosen namun juga praktisi yang expert di bidangnya secara gratis. Mahasiswa lebih mudah mengikuti kelas-kelas skill di luar program studi mereka, misalnya kelas Business Development, Copywriter, Human Resource, Digital Marketer dan masih banyak lagi. 

SEVIMA berharap dengan hadirnya kelas yang mudah diakses, mahasiswa dapat meningkatkan soft skill dan hard skill sesuai dengan bidang yang ingin dituju. Peningkatan kompetensi mahasiswa secara langsung akan membantu kampus menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi di dunia industri.

Bagi perguruan tinggi yang tertarik untuk mengembangkan LMS Edlink lengkap dengan fitur MOOC, yuk segera berdiskusi dengan kami di sini.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×