4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Regulasi • 03 May 2023

Pembagian LLDIKTI di Indonesia, Medan, Aceh, Surabaya Masuk LDDikti Mana sih?

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM –  Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di setiap wilayah ternyata memiliki cakupan yang berbeda. Terdapat pembagian yang harus diperhatikan dengan baik. Mengingat LLDIKTI ini sangat erat hubungannya dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Yang mana LLDIKTI ini bertugas untuk mengurusi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang kemudian dihubungkan dengan Kemendikbud. 

Berhubung perguruan tinggi di Indonesia sangatlah banyak, maka perlu adanya pembagian wilayah guna meningkatkan satuan kerja dan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Nah, kira-kira bagaimana dengan pembagian wilayah LDDIKTI di Indonesia? Simak di bawah ini. 

Baca juga: SEVIMA dan LLDIKTI Sumut Kerjasama Pecahkan Masalah Administrasi Kampus

Pembagian Wilayah LLDIKTI

Berdasarkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2020 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, menyebutkan bahwa LLDIKTI yang sudah ada saat ini, dibagi oleh Kemendikbud menjadi 16 wilayah, 16 wilayah tersebut meliputi:

  1. LLDIKTI Wilayah 1 berlokasi di Medan dengan wilayah kerja Provinsi Sumatera Utara.
  2. LLDIKTI Wilayah II berlokasi di Palembang dengan wilayah kerja Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung.
  3. LLDIKTI Wilayah III berlokasi di DKI Jakarta dengan wilayah kerja Provinsi DKI Jakarta.
  4. LLDIKTI Wilayah IV berlokasi di Bandung dengan wilayah kerja Provinsi Jawa Barat dan Banten.
  5. LLDIKTI Wilayah V berlokasi di Yogyakarta dengan wilayah kerja Provinsi DI Yogyakarta.
  6. LLDIKTI Wilayah VI berlokasi di Semarang dengan wilayah kerja Provinsi Jawa Tengah.
  7. LLDIKTI Wilayah VII berlokasi di Surabaya dengan wilayah kerja Provinsi Jawa Timur.
  8. LLDIKTI Wilayah VIII berlokasi di Denpasar dengan wilayah kerja Provinsi DKI Bali dan NTB
  9. LLDIKTI Wilayah IX berlokasi di Makassar dengan wilayah kerja Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.
  10. LLDIKTI Wilayah X berlokasi di Padang dengan wilayah kerja Provinsi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, dan Jambi.
  11. LLDIKTI Wilayah XI berlokasi di Banjarmasin dengan wilayah kerja Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.
  12. LLDIKTI Wilayah XII berlokasi di Ambon dengan wilayah kerja Provinsi Maluku dan Maluku Utara.
  13. LLDIKTI Wilayah XIII berlokasi di Banda Aceh dengan wilayah kerja Provinsi Aceh.
  14. LLDIKTI Wilayah XIV berlokasi di Biak dengan wilayah kerja Provinsi Papua dan Papua Barat.
  15. LLDIKTI Wilayah XV berlokasi di Kupang dengan wilayah kerja Provinsi NTT.
  16. LLDIKTI Wilayah XVI berlokasi di Gorontalo dengan wilayah kerja Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Dengan adanya pembagian wilayah tersebut, diharapkan agar PTS dan PTN di wilayah tersebut lebih mudah melakukan koordinasi dan kerja sama. Jadi, bisa dipastikan bahwa setiap wilayah tersebut lebih leluasa ketika melakukan berbagai macam koordinasi dan perencanaan akses pelayanan di perguruan tinggi. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×