Pengenalan CSS

Desain
 

adminweb

 

30 Juli 2012

Pengenalan  CSS

  • CSS adalah Cascading Style Sheets
  • External style sheets bisa dipakai oleh banyak halaman web
  • Eksternal Style sheet disimpan dalam file CSS

Apa Itu CSS?

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Kalau baca di kamus, cascading itu artinya air terjun. Tapi dalam hal ini, yang di maksud adalah, aliran dari suatu kode ke kode lain yang saling berhubungan.

Jadi kalau di tulis lengkap dalam bahasa Indonesia kira-kira arti CSS adalah: kumpulan kode-kode yang berurutan dan saling berhubungan untuk mengatur format / tampilan suatu halaman HTML.

Keuntungan Penggunaan CSS

Jika anda memiliki beberapa halaman website dimana anda menggunakan fontarial untuk tulisannya, lalu suatu hari anda bosan dengan arial dan ingin mengganti ke trebuchet, anda harus merubah satu per satu halaman website anda dan merubah tipe font dari arial menjadi trebuchet.

Dengan menggunakan css, dimana semua halaman web memakai css yang sama, anda cukup merubah satu baris kode css untuk merubah font di semua halaman web dari arial ke trebuchet.

Jadi, keuntungan menggunakan CSS, lebih praktis!

Kekurangan Penggunaan CSS

Tidak semua browser mengartikan kode CSS dengan cara yang sama. Jadi kadang-kadang, tampilan web dengan CSS terlihat baik di browser yang satu, tapi berantakan di browser yang lain. Jadi anda harus memeriksa tampilan supaya terlihat baik di semua browser dan menambahkan kode-kode khusus browser tertentu jika memang dibutuhkan agar tampilan web anda terlihat baik di semua browser.

 CSS Syntax

CSS mempunyai 2 bagian : selector dan satu atau banyak deklarasi :

 

Selector biasanya elemen HTML.Setiap declaration terdiri dari properti dan nilai.Properti adalah atribut style yang ingin Anda ubah. Setiap properti memiliki nilai.

 

SEVIMA : Take IT Easy

Baca juga:

Free Download WordPress ThemesDownload Best WordPress Themes Free DownloadDownload Premium WordPress Themes FreeDownload Best WordPress Themes Free Downloadudemy paid course free downloaddownload karbonn firmwareDownload WordPress Themesfree download udemy course

Info Menarik Lainnya :


Komentar :