Flash News

Pengisian KRS Online Jadi Langkah Transformasi Digital di IAIN Langsa

SEVIMA.COM – Sebelum menjalani perkuliahan, setiap mahasiswa wajib mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Sebelum adanya transformasi digital pengisian KRS dilakukan secara manual, namun cara tersebut kini telah ditinggalkan.

Seperti yang dilakukan oleh IAIN Langsa yang telah melakukan digitalisasi kampus. Kini pengisian KRS telah menggunakan sistem digital, sehingga prosesnya lebih cepat, rapi, dan termonitor dengan baik.

Sekjur Bimbingan Konseling IAIN Langsa, Dedy Surya mengatakan pihaknya bekerjasama dengan platform SEVIMA untuk melakukan transformasi digital di kampusnya.

“IAIN Langsa bekerjasama dengan SEVIMA dalam pengembangan sistem akademiknya. Pertama sekali yang dilakukan digitalisasi itu pengisian KRS,” kata Dedy kepada SEVIMA.

Ia mengatakan perubahan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2012, namun belum maksimal. Kemudian pada 2017 setelah bekerjasama dengan SEVIMA digitalisasi kampus telah sepenuhnya dilakukan.

“Prosesnya melelahakan, kita tahu proses dari data manual itu banyak kesalahan. Pengisiann KRS, pelaporan KHS awalnya manual, kertas dibagi-bagi. Kemudian berubah ke semi digital di awal tahun 2012. Sekarang sudah full digital menggunakan SEVIMA siAkadCloud,” ucapnya.

Menurut Dedy, proses digital saat ini sangat memudahkan, baik bagi dosen maupun mahasiswa. Karena dosen sebagai penasihat akademik bisa melakukan validasi melalui sistem.

“Dulu mahasiswa datang ke dosen penasihat akademik untuk melakukan pemeriksaan, sekarang bisa validasi langsung melalui sistem. Apalagi ada aplikasi SEVIMA siAkadCloud yang bisa digunakan di-hp. Melakukan validasi lebih mudah dari hp,” ujarnya.

Seperti diketahui KRS yang mahasiswa isi akan mempengaruhi mata kuliah nantinya dan seberapa besar SKS atau waktu pembelajaran yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program studi tersebut. Pengisian KRS dilakukan pada awal semester, sebagai rencana pengambilan mata kuliah berdasarkan jurusan yang telah diambil.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar