Dunia Kampus

Peningkatan Kualitas Pembelajaran untuk Bangun Kompetensi dan Keterampilan di Abad 21

SEVIMA.COM– Di abad 21 ini perkembangan zaman terus menerus bergulir. Terlebih di zaman yang semakin modern dan canggih mengharuskan semua lini memanfaatkan teknologi dengan baik. 

Dunia pendidikan pun juga tak mau ketinggalan. Satu demi satu aspek kegiatan belajar mengajar terus diperbaiki. Dengan demikian pendidikan di Indonesia bisa bersaing di kancah internasional. 

Pembelajaran di abad ini memang sedikit berbeda. Pengajar tak hanya memberikan materi yang kompleks kepada pelajar. Namun, pengajar juga harus membekali pelajar untuk berpikir kritis, terampil dan siap membangun kompetisi dengan baik. 

Lalu, apa saja yang wajib dipelajari untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di abad 21?

Pada dasarnya, di abad 21 ini sangat difokuskan untuk meningkatkan aspek di bidang teknologi, kesadaran global, dan kewirausahaan. Untuk itu, di era ini keberadaan dunia kreatif sangat dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan masuknya pengetahuan dan proses kognitif di dunia pendidikan. 

Agar bisa mencapai peningkatan kualitas tersebut, ada empat hal pokok yang harus ditingkatkan, antara lain:

1. Cara berpikir

Pada proses ini, setiap pelajar dituntut untuk berpikir kritis. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas, memecahkan suatu masalah, pengambilan keputusan, dan tentunya cara belajar dari mahasiswa. 

Jika dilakukan dengan sangat baik, bisa dipastikan proses berpikir mahasiswa akan terbentuk dengan baik. Dengan demikian akan menciptakan sumber daya manusia yang unggul di setiap lulusan perguruan tinggi.

2. Cara kerja

Agar terus berpotensi di dunia kerja, mahasiswa setidaknya diajari untuk belajar penuh dengan komunikasi dan kolaborasi. Tujuannya agar mereka terbiasa untuk bisa bekerja sama dan melakukan komunikasi yang baik di lingkungan kerja dan masyarakat.

3. Tools yang digunakan

Untuk mendukung proses meningkatnya teknologi dan informasi di abad ini, maka penggunaan teknologi juga sangat menentukan. Terlebih teknologi ini dinilai akan sangat membantu para pelajar dan pendidik untuk terus melakukan proses pengembangan teknologi dengan baik.

4. Kecakapan hidup

Meskipun teknologi terus berkembang, bukan berarti harus melupakan kecakapan hidup kan. Nah, disini masyarakat harus diajarkan untuk tetap bertanggung jawab terhadap diri sendiri, terutama di bidang karir dan kehidupan sosial bermasyarakat. 

Itulah cara yang bisa diterapkan dalam pengaplikasian pembelajaran untuk membangun kompetensi dan keterampilan di abad 21. Agar seluruh proses pembelajaran bisa sesuai target, pengajar harus punya strategi yang tepat dalam mengaplikasikannya. Salah satunya bisa dilakukan dalam penerapan kelas kampus merdeka. 

Bagikan artikel ini

Komentar