+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Penyebab Perguruan Tinggi Bangkrut dan Cara Mengatasinya

SIM SEVIMATips & Trik
 

adminweb

 

23 Agustus 2019

SEVIMA.COM – Suatu hal yang paling ditakutkan oleh sebuah perguruan tinggi adalah keadaan di mana perguruan tinggi tidak mempunyai uang atau menderita kerugian besar hingga jatuh atau dapat disebut dengan gulung tikar. Penyebab kebangkrutan sebuah perguruan tinggi dikarenakan kerugian yang dialaminya. Artinya, perguruan tinggi tersebut memiliki kondisi keuangan yang tidak sehat.

Tentu kejadian seperti itu tidak ingin terjadi di perguruan tinggi Anda. Tapi mungkin saja terjadi di perguruan tinggi, untuk itu Anda perlu menyiapkan solusi terbaik untuk mengatasinya dan berjaga-jaga, karena Anda harus memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Berikut beberapa penyebab pailitnya sebuah perguruan tinggi.

Penyebab Perguruan Tinggi Bangkrut:

1. Kurang Mampu Mengatur Keuangan

Mengelola keuangan perguruan tinggi bukanlah pekerjaan mudah, banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan dan juga keputusan perguruan tinggi yang harus diambil dengan waktu yang cepat. Salah satu yang menjadi penyebab perguruan tinggi pailit adalah kurang mampu mengatur keuangan perguruan tinggi sehingga pengeluaran perguruan tinggi tidak sebanding dengan pemasukan.

Penyebab lain tidak mampu mengatur keuangan adalah beroperasi di luar kemampuan. Bisa jadi satu akuntan kampus/ bagian keuangan kampus merangkap jabatan sehingga tidak bisa fokus dan keteteran ketika mengatur keuangan. Jika seperti itu yang akan terjadi adalah pemasukan dan pengeluaran keuangan perguruan tinggi tidak tercatat dengan tertib, sehingga perguruan tinggi tidak akan tahu kapan harus mencari pemasukan sebelum bangkrut.

2. Minim Pendapatan

Yang menjadi kendala rata-rata perguruan tinggi kecil atau menengah ke bawah adalah masih mempunyai sedikit mahasiswa karena kurang diminati oleh calon mahasiswa atau bisa jadi perguruan tinggi juga kurang memahami kebutuhan klien (calon mahasiswa). Sehingga operasi perguruan tinggi dapat terhenti tanpa dana yang memadai.

3. Berhenti Melakukan Inovasi

Inovasi dalam dunia apa pun itu penting terutama pendidikan tinggi. Apakah tidak membosankan apabila Anda bergelut di bidang yang sama dan dalam kondisi stuck? Tentu iya. Pada dasarnya, inovasi dan perkembangan itu berjalan beriringan, semakin perguruan tinggi Anda berinovasi, tentu perguruan tinggi akan berkembang.

4. Kurang Mengamati Pergerakan Kompetitor Perguruan Tinggi Lain

Kurang mengamati pergerakan kompetitor atau perkembangan perguruan tinggi lain akan menyebabkan sebuah perguruan tinggi kalah bersaing dan tertinggal jauh di belakang. Sebuah perguruan tinggi harus tetap memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan kampus lain, dan jangan sampai kampus anda ketinggalan. Dengan mengamati perguruan tinggi lain kampus anda bisa menyiapkan strategi untuk mengejar ketinggalan.

Kesalahan-kesalahan di atas tentunya bisa Anda hindari. Dengan perencanaan yang cermat serta penerapan prinsip-prinsip keuangan yang ketat akan mengurangi risiko kegagalan atau kebangkrutan perguruan tinggi.

Cara Mengatasi Perguruan Tinggi Bangkrut:

1. Evaluasi

Yang harus anda lakukan jika tanda-tanda pailit akan datang adalah evaluasi pengelolaan keuangan perguruan tinggi anda, mulai dari penanggung jawab keuangan hingga sistem yang dipakai saat ini.

2. Tingkatkan Layanan

Jika sudah melakukan evaluasi langkah selanjutnya adalah memperbaiki yang kurang dari hasil evaluasi, dan tingkatkan pelayanan keuangan di perguruan tinggi Anda seperti memperbaiki sistem keuangan, karena memperbaiki sistem keuangan adalah kewajiban bagi perguruan tinggi yang mempunyai permasalahan dalam pelayanan keuangan. Contoh solusi untuk meningkatkan layanan adalah digitalisasi / manfaatkan teknologi, saat ini seperti penggunaan sistem akuntansi online sehingga pengelolaan keuangan pergruan tinggi bisa lebih baik dan tercatat rapi.

3. Tingkatkan Branding Perguruan Tinggi Untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru

Jumlah perguruan tinggi yang banyak, menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa, berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki perguruan tinggi akan dikerahkan semaksimal mungkin, untuk menghadapi persaingan tersebut, jadi sangat penting bagi perguruan tinggi melakukan branding untuk mengenalkan kampus mereka.

Oleh karena itu perguruan tinggi harus memiliki “branding” yang baik untuk tetap eksis menghadapi persaingan antar perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi asing juga makin gencar melakukan promosi untuk menarik minat calon mahasiswa baru di Indonesia. Rekan-rekan bisa baca: Strategi Branding Perguruan Tinggi Untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru

4. Terus Berinovasi

Inovasi adalah kebutuhan semua organisasi, tak terkecuali untuk perguruan tinggi. Inovasi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi seperti membuka prodi yang banyak diminati calon mahasiswa atau inovasi lainnya.

5. Update Perkembangan Perguruan Tinggi Lain

Sebuah perguruan tinggi harus selalu memperhatikan langkah-langkah yang dilakukan oleh kompetitor atau perguruan tinggi lain untuk update informasi, sehingga perguruan tinggi bisa mengambil langkah yang tepat untuk kelangsungan perguruan tinggi ke depan.

Beberapa hal diatas bisa membuat perguruan tinggi Anda terhindar dari kebangkrutan. Sangat penting untuk menyadari berbagai permasalahan keuangan kampus sekecil apa pun dan segera mencari solusi-nya. Salah satu cara yang juga bisa Anda pakai untuk menghindari kebangkrutan adalah dengan menggunakan Software Akuntansi untuk menerapkan sistem akuntansi yang tepat guna.

Contohnya Finance Cloud, Software Akuntansi yang memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan perguruan tinggi Anda. Fitur dari Finance Cloud terkait menghindari masalah kebangkrutan adalah pencatatan tertib, laporan manajemen anggaran, dan anggaran laba rugi. Ketiga fitur tersebut dikelola secara instan dan otomatis di finance cloud dan sangat penting bagi perencanaan perguruan tinggi Anda. Financecloud.id

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami