10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 09 Jul 2024

Peran Penelitian di Lingkup Perguruan Tinggi, Tingkatkan Kredibilitas Pendidikan

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM – Penelitian di perguruan tinggi memiliki peran krusial dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebagai pusat riset yang berkontribusi pada pengembangan berbagai disiplin ilmu, perguruan tinggi memegang peranan penting untuk memajukan penelitian tersebut. Bahkan dalam Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 pasal 1 disebutkan bahwa penelitian ini merupakan bagian dari Standar Nasional dan Tridharma Perguruan Tinggi. 

Saat ini, keberadaan penelitian di perguruan tinggi juga melibatkan kolaborasi dengan industri, pemerintah, hingga lembaga internasional. Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian serta memastikan bahwa penelitian yang sudah dilakukan ini dapat diimplementasikan secara praktis di lapangan.

Penelitian hadir sebagai pondasi penting bagi perguruan tinggi. Keberadaannya bukan hanya sebagai pemenuhan kewajiban dosen dan mahasiswa saja, tetapi mengembangkan materi mengajar, mendukung kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan pastinya juga meningkatkan reputasi kampus. Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan berbagai manfaat bagi civitas akademika dan masyarakat luas. 

Penelitian Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi

Salah satu manfaat utama dari penelitian di perguruan tinggi adalah peningkatan kualitas pendidikan. Melalui penelitian yang dilakukan, dosen dapat memperbarui materi ajar berdasarkan temuan-temuan terbaru. 

Di sisi lain, mahasiswa yang diajar juga akan mendapatkan pengetahuan yang relevan dan terkini. Tak hanya itu saja, bagi mahasiswa yang mengikuti kegiatan penelitian di kampus juga  akan terdorong lebih aktif dalam pencarian solusi serta meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja. Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian tersebut akan mendapatkan pengalaman berharga. Terutama dalam meningkatkan kompetensi akademis dan profesional mereka.

Strategi Meningkatkan Penelitian di perguruan Tinggi

Itulah mengapa, dalam proses penelitian di perguruan tinggi memerlukan strategi yang tepat agar kendala yang dihadapi dalam penelitian bisa terselesaikan dengan baik. 

1. Menyediakan Dana Penelitian

Ketersediaan dana untuk mendukung penelitian dapat mendorong dosen dan peneliti untuk aktif mencari dana hibah dari sumber eksternal seperti pemerintah, lembaga non-profit, dan industri.

2. Menyediakan Fasilitas Penelitian yang Memadai

Keberhasilan peneliti juga didukung oleh perlengkapan laboratorium dengan peralatan modern dan teknologi terbaru. Fasilitas yang memadai memungkinkan peneliti untuk melakukan eksperimen dan studi yang lebih kompleks dan inovatif.

3. Melakukan Kolaborasi dan Kerjasama

Mendorong kerjasama dengan institusi penelitian lain, baik di dalam maupun luar negeri. Kerjasama ini dapat memperluas jaringan penelitian, memungkinkan akses ke fasilitas yang lebih baik, dan meningkatkan peluang mendapatkan dana hibah.

4. Mengembangkan Kapasitas Sumber Daya Manusia

Menyelenggarakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan keterampilan penelitian dosen dan mahasiswa. Ini termasuk pelatihan dalam metodologi penelitian, penulisan proposal, dan publikasi ilmiah.

5. Mendukung Publikasi Ilmiah

Untuk mendorong dan memfasilitasi publikasi hasil penelitian di jurnal-jurnal bereputasi. Dukungan ini bisa berupa bantuan dalam proses penulisan, penyuntingan, dan pengajuan manuskrip.

6. Meningkatkan Skill Dosen dalam Penelitian

Untuk terus mengembangkan kemampuan dan keahliannya dosen, perlu dukungan penuh dari perguruan tinggi. Oleh sebab itu, pelatihan mengenai penulisan ilmiah ini akan sangat berguna dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada mahasiswa.

Untuk mewadahi perguruan tinggi dalam mengembangkan penelitian di kampusnya. SEVIMA mengadakan Premium Webinar dengan bahasan “Klinik Konsultasi Penyusunan dan Publikasi Penelitian Indonesia 2024” dengan pembicara yang sudah berpengalaman dalam penulisan ilmiah. 

Tunggu apalagi, yuk segera daftarkan diri Anda melalui https://sevi.ma/training-penelitian!

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×