Dunia Akademik | Dunia Kampus | Regulasi Pendidikan Tinggi | Seputar Pendidikan

Persiapan Perguruan Tinggi Menghadapi UTS Genap

SEVIMA.COM – Selama menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS), rupanya tak hanya disiapkan oleh mahasiswa saja. Namun, setiap kampus juga wajib menyiapkan beberapa hal agar proses pelaksanaan UTS tersebut bisa berjalan dengan lancar. 

Menyiapkan UTS tak semudah isapan jempol belaka. Setiap perguruan tinggi harus menyiapkannya dengan sebaik mungkin. Dengan begitu proses pelaksanaan UTS bisa sesuai yang diharapkan. 

Nah, kira-kira persiapan apa saja sih yang harus dipersiapkan oleh setiap perguruan tinggi agar bisa sukses melaksanakan UTS? Mari simak dulu ulasan di bawah ini. 

Baca juga: Mahasiswa, Ini Trik Sukses dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS)

5 persiapan kampus sebelum UTS

1. Menyiapkan panitia UTS

Panitia UTS adalah salah satu kunci utama agar kampus bisa melaksanakan UTS dengan sukses. Kampus harus selalu sigap dan siap saat melaksanakan UTS jika seluruh panitia UTS bisa memenuhi standar UTS yang sesuai dengan aturan setiap perguruan tinggi. 

Proses persiapan pembentukan panitia ini sangat penting untuk membantu setiap fakultas saat melaksanakan UTS. Pada pembentukan panitia ini biasanya disiapkan beberapa bulan sebelum UTS dilaksanakan. 

2. Mengelola data mahasiswa yang bisa ikut UTS

Bagi panitia dan departemen akademik, biasanya diwajibkan untuk melakukan pengelolaan data mahasiswa. Proses ini ditujukan agar panitia bisa menentukan apakah mahasiswa tersebut layak untuk mengikuti UTS atau tidak. 

Pada beberapa perguruan tinggi, mahasiswa yang tidak melakukan pembayaran SPP atau absennya tidak memenuhi syarat, pasti tidak bisa mengikuti perkuliahan. Oleh karena itu, data tersebut sangat diperlukan agar panitia bisa melakukan filter mahasiswa. 

Nah, di dalam modul SiakadCloud, terdapat fitur pembayaran yang bisa dilacak dengan mudah. Sehingga para panitia ujian bisa dengan mudah melakukan pengecekan data tersebut. 

3. Menyiapkan jadwal UTS

Selain itu, jadwal UTS juga sangat penting agar mahasiswa bisa menyiapkan pelaksanaan UTS tersebut dengan baik. Jadwal ini biasanya akan didistribusikan kepada mahasiswa dalam waktu satu atau dua minggu sebelum pelaksanaan ujian tersebut. 

Jadwal UTS tersebut bisa lebih mudah diakses oleh mahasiswa apabila panitia sudah menyiapkannya di dalam Siakad kampus. Layanan seperti ini juga tersedia di fitur Siakad Cloud. 

4. Memperhatikan absensi kehadiran

Setiap panitia UTS wajib melakukan pengecekan absensi kehadiran dengan tepat. Jika tidak diperhatikan dengan baik, maka akan menyulitkan para dosen saat melakukan proses pengoreksian ujian tersebut. 

Anda juga bisa menemukan fitur absensi ini di SiakadCloud. Di sini Anda bisa mengecek daftar hadir mahasiswa secara gamblang dan jelas. 

5. Melakukan pengecekan kebutuhan soal ujian

Jika proses UTS dilakukan dengan cara offline, maka setiap panitia harus memastikan bahwa soal-soal tersebut sudah digandakan dan terpenuhi sesuai dengan kebutuhan. Namun jika ujian tersebut dilakukan secara online, panitia wajib melakukan pengecekan jaringan serta soal yang diberikan oleh setiap dosen kepada mahasiswanya.

Baca juga: Penerapan E-Learning Pada Perguruan Tinggi di Indonesia

Jadi, buat Anda yang sedang atau akan menyiapkan persiapan UTS tersebut, beberapa komponen tersebut bisa Anda jadikan acuan agar proses pelaksanaan UTS bisa berjalan lancar. 

Persiapan seperti ini tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Kampus perlu sistem informasi akademik yang bisa meng-cover seluruh kebutuhan data saat UTS. 

Melalui sistem informasi akademik yang lengkap dan mutakhir, setiap perguruan tinggi bisa  melihat informasi seputar absensi, pembayaran, hingga jadwal perkuliahan yang berlaku. Dengan begitu proses  menyiapkan persiapan UTS bisa dilakukan lebih matang. Apalagi jika menggunakan Siakad Cloud. Berbagai fitur yang sudah disiapkan di dalamnya sangat membantu Anda untuk memenuhi berbagai macam informasi yang dibutuhkan. 

Kebutuhan UTS kampus Anda akan semakin mudah dan terorganisir apabila Anda menggunakan sistem informasi akademik yang terintegrasi dengan baik. Salah satunya adalah SEVIMA SiakadCloud.  Yaps, semua kebutuhan UTS Anda akan terpenuhi dengan menggunakan SEVIMA SiakadCloud.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar