Flash News

Politeknik SCI, Kampus Baru di Cirebon Siap Mendunia

SEVIMA.COMPoliteknik Siber Cerdekia Internasional (SCI) merupakan perguruan tinggi yang baru saja berdiri di Cirebon, Jawa Barat. Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) sudah mulai dibuka sejak September 2022 lalu.

Direktur Politeknik SCI Abdurokhim, SE., MM mengatakan perkuliahan pertama akan dimulai pada tahun 2023 ganjil. Sesuai dengan namanya, Politeknik SCI sejak awal ingin mendunia dengan menerapkan digitalisasi kampus.

“Kami bisa klaim salah satu Politeknik siber pertama di Indonesia, karena kami ingin menyongsong Indonesia dengan teknologi. Kami juga menggunakan inisial nama internasional, karena kami tidak ingin membatasi kewilayahan,” kata Abdurokhim kepada SEVIMA, Senin (16/1/2023).

Menurutnya penggunaan kata Internasional, bukan hanya sekedar menerima mahasiswa dari luar negeri. Tetapi lebih kepada mendorong kinerja perguruan tinggi sehingga memiliki global reputation atau reputasi yang baik di dunia internasional.

“Kata internasional pun mewarnai kinerja, kami ingin memiliki global reputation, reputasi di dunia internasional. Baik dari kinerja publikasi, penelitian, pengajaran, maupun kolaborasi,” ujarnya.

Ada tiga program studi (prodi) yang dibuka pada tahap awal ini, yakni Prodi Bisnis Digital, Prodi Teknik Rekayasa Jaringan (TRKJ), serta Prodi Pembangunan Pedesaan dan Ekonomi Masyarakat (PPEM). Khusus prodi PPEM memiliki keunikan, dimana lulusannya disebut sebagai Sarjana Desa.

Menurutnya banyak potensi desa yang belum dikembangkan, sehingga pihaknya sengaja membuka prodi yang spesifik mengenai pedesaan. Mengingat desa di Indonesia jumlahnya cukup banyak, di Kabupaten Cirebon saja mencapai 450 desa.

“Pemberdayaan jadi sangat maksimal jika SDM yang kita hasilkan bisa berkontribusi bagi desa-desa di sana. Membangun desa ini akan berefek pada membangun bangsa jadi kami ingin konsen di situ. Fokusnya mereka harus membangun entrepreneurship dan UMKM di desa, membuat salah satu bentuk model administrasi di desa menjadi lebih bagus,” ucapnya.

Sementara itu, meski baru berdiri namun Abdurokhim tak mau sembarangan dalam melayani mahasiswa. Ia ingin mahasiswa pertama yang mendaftar tidak kesulitan karena sudah menggunakan sistem yang komprehensif, mengingat saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Politeknik SCI bekerjasama dengan SEVIMA sebagai penyedia sistem akademik berbasis cloud. Pihaknya mempercayakan sistem akademik menggunakan SEVIMA Platform karena menilai sistem yang ditawarkan sudah komprehensif sesuai dengan kebutuhan kampus.

Ia menginginkan seluruh kegiatan civitas akademika telah menggunakan sistem sejak pertama berdiri, karena tidak ingin sistem justru hadir di tengah-tengah pelaksanaan kuliah. Harapannya mahasiswa dan perkuliahan pertama menggunakan sistem yang ada, bahkan saling terintegrasi.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar