Aplikasi Online | Berita | Dunia Kampus | e-learning

Prof. M. Nasir: Kampus Asia Cyber University Bisa Jadi Contoh Perkuliahan Online

SEVIMA.COM – Pandemi membuat kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan sangat berubah. Namun, dengan adanya pandemi ini bukan berarti menjadi suatu penghalang lagi dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang cerdas dan terampil.

Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.,selaku narasumber dalam acara “Webinar Nasional: Strategi Perguruan Tinggi Menyiapkan Kuliah Tatap Muka” yang diselenggarakan oleh SEVIMA pada Selasa, 27/04/2021, mengutarakan bentuk dukungan dan apresiasi atas sistem pembelajaran yang sudah diterapkan selama masa pandemi ini.

Kegiatan belajar mengajar selama satu tahun belakangan ini diketahui memang dilakukan secara daring. Namun, kegiatan tersebut bukan berarti harus mengurangi esensi dari kegiatan belajar mengajar.

“Belajar secara daring bukan berarti mengurangi esensi dari proses belajar mengajar. Metode e-learning ini bukanlah sebuah pengganti kegiatan belajar mengajar karena adanya pandemi. Justru dengan adanya e-learning ini, dunia pendidikan harus menjadikan metode ini sebagai tools untuk mendongkrak pendidikan Indonesia yang lebih maju,” Papar Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi periode 2014-2019, yang kini juga menjabat sebagai staf khusus Wakil Presiden Republik Indonesia.

Agar terciptanya outcome pendidikan Indonesia yang lebih unggul, Nasir berharap agar pemanfaatan e-learning ini masih terus ditingkatkan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Meskipun akan diberlakukannya kegiatan kuliah tatap muka terbatas.

“Penerapan e-learning pada kegiatan tatap muka terbatas ini akan lebih sukses jika diimbangi dengan Learning Management System (LMS) yang baik. Untuk itu, pihak perguruan tinggi harus menyiapkannya dengan baik,” tambahnya.

Nasir juga menambahkan, bahwa kegiatan kuliah yang baik adalah kegiatan belajar mengajar yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Maka, meskipun memasuki kegiatan kuliah tatap muka terbatas, penerapan e-learning ini harus terus digiatkan.

“Belajar yang benar itu seharusnya anytime, anywhere, and any place. Oleh karena itu, meskipun mahasiswa akan menghadapi perkuliahan tatap muka terbatas, dengan menggunakan e-learning ini mereka masih terus bisa mendalami perkuliahan tersebut,” terangnya.

Kolaborasi dengan Korsel Bangun Kampus Cyber Full Pembelajaran Online

Prof Nasir dalam pemaparan materinya juga memberikan contoh kampus yang sudah menerapkan pembelajaran full daring yaitu hasil kolaborasi antara Indonesia dan Korea Selatan.

“Di Kampus Asia Cyber University pembelajarannya sudah full daring, dosennya tidak harus standby terus, jadi belajar sudah bisa anytime, anywhere, and any place. Bahkan pada tahun pertama di Indonesia mendapat 600 mahasiswa, dan tahun ini ada permintaan dari negara Vietnam, Filipina, Thailand maupun di Asia Tenggara. Jadi kita tidak ada lagi batasan antar negara.” Ungkap Prof Nasir

Asia Cyber University didukung dengan fasilitas unggulan berupa studio berteknologi terbaik untuk melakukan perekaman materi pembelajaran. Pengajar terbaik dari nasional maupun Internasional juga turut didatangkan untuk memberikan materi ter-update dan mumpuni bagi para mahasiswa nantinya.

Tak ketinggalan infrastruktur dan Learning Management System (LMS) yang ada Asia Cyber University adalah hasil kerjasama dengan SEVIMA EdLink untuk memenuhi kebutuhan konten pembelajaran yang fleksibel dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun serta tetap memenuhi standar pendidikan nasional. Bisa di akses disini: kuliah.unsia.ac.id

Selain pengembangan LMS, kampus pertama yang punya Rektor Asing ini juga bekerjasama dengan SEVIMA dalam mengembangkan sistem informasi akademik online siAkad Cloud. Kerjasama ini tentu untuk meningkatkan pelayanan Asia Cyber University terhadap civitas kampus.

SEVIMA bangga sekaligus mengapresiasi Asia Cyber University yang telah mempercayakan SEVIMA untuk membantu mempersiapkan sistem informasi akademik dan juga platform Learning Management System (LMS) untuk melakukan pembelajaran secara full daring dan memberikan dampak positif bagi perkembangan kampus maupun pendidikan di Indonesia.

Bagikan artikel ini

Komentar