+62 812-9000-4560     support@sevima.com


ProFeeder: Aplikasi Web Service untuk Import Data Feeder

Dunia KampusTeknologi
 

adminweb

 

14 Mei 2019

SEVIMA.COM – PDDIKTI Feeder atau yang dikenal Feeder Dikti adalah sebuah aplikasi dari Dikti yang diberlakukan sejak periode semester 2014/2015 Genap. Feeder Dikti digunakan untuk melaporkan data-data perguruan tinggi, seperti data-data mahasiswa, akademik dll.

Feeder Dikti ini menggantikan sistem pelaporan sebelumnya yang menggunakan EPSBED. Penggunaan Feeder Dikti ini sudah hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia telah menggunakannya. Pelaporan ini biasanya di lakukan setiap semester dengan ketentuan operator juga harus menyesuaikan pelaporannya yang semula menggunakan EPSBED, dan sekarang juga harus mulai melakukan pelaporan data dengan web service PDDIKTI Feeder. Yang dilaporkan itu biasanya:

– Data mahasiswa
– Data dosen
– Data kelas kuliah
– Data KRS mahasiswa
– Data Ajar Dosen
– Data AKM
– Nilai akademik mahasiswa
– Dll

Setiap semester memang banyak yang akan di laporkan ke DIKTI, oleh karena itu dibuat lah sistem pelaporan yang bertujuan untuk meng-efesiensi kan hal itu. Namun terjadi masalah baru, Feeder Dikti ini tidak menyediakan fitur Import Data Ke Feeder, yang artinya para operator harus menginputkan satu persatu data – data yang akan di laporkan ke dalam aplikasi feeder ini. Ya satu persatu!. Tentunya hal ini akan memakan banyak tenaga dan waktu, sementara itu data yang harus diinputkan berjumlah ribuan.

Tapi ada solusi yang diberikan oleh Dikti terhadap masalah ini. PDDikti sudah menyediakan API Webservice yang bisa digunakan oleh programmer agar data yang awal diinputkan secara manual ke aplikasi feeder dikti, sekarang inputnya bisa melalui webservice ini. Namun ternyata muncul juga masalah baru. Disetiap kampus ternyata tidak semua memiliki Programmer handal. Sedangkan untuk dapat menggunakan API Webservice dari Dikti ini harusnya programmer yang sudah memiliki skill yang handal. Demi tercipta kelancaran dalam pemprosesan data, dll.

Padahal dalam pengimplementasian API Webservice ini, akan terciptanya efisiensi data dalam pelaporan dari pihak kampus ke Dikti itu sendiri. Kenapa ? karena operator dari kampus cukup melakukan Import data yang berupa MS.Excel ke dalam webservice dan nantinya akan tersinkronkan ke dalam aplikasi Feeder dari Dikti. Mudah bukan ?

Untuk karena itu, dalam menyelesaikan masalah pembuatan API Webservice dari Dikti ini, dari pada melakukan pelatihan untuk programmer dan memaksakan untuk programmer yang skillnya belum mumpuni, yang tentunya akan memakan waktu sangat lama, alangkah lebih efesiennya kita menggunakan jasa dari IT Development untuk menangani kasus ini.

Salah satu tools yang sudah menggunakan API Webservice dan sudah terintegrasi dengan aplikasi feeder dikti ini adalah ProFeeder sebuah tools untuk memudahkan operator kampus dalam pelaporan data dari perguruan tinggi yang juga bisa disinkronisasikan atau bisa di integrasikan dengan sistem akademik kampus (bagi kampus yang sudah memiliki sistem akademik). Operator cukup mengisi data excel yang berisikan lengkap data yang akan dilaporkan dan nanti bisa Import dan masuk ke PDDIKTI Feeder. Mudah kan??

Dan bagi rekan-rekan yang belum punya sistem akademik atau SIAKAD, dan masih ribet tentang permasalahan proses administrasi akademik dan juga pelaporan PDDikti Feeder bisa menggunakan sistem informasi akademik berbasis cloud, yang sudah membantu banyak kampus di Indonesia: siakadcloud.com

Info Menarik Lainnya :


Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami