Dunia Dosen | Kampus Merdeka | kemendikbud

Ayo Daftar Program Bangkit Kemendikbud 2021, Dicari 3.000 Mahasiswa

SEVIMA.COM – Ditjen Dikti atau Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Google, Gojek, Tokopedia dan Traveloka sedang mencari 3000 talenta digital terampil dalam Program Bangkit 2021.

Apa Itu Program Bangkit?

Program Bangkit adalah singkatan dari Bangun Kualitas Manusia Indonesia yaitu program pembinaan talenta digital terampil. Program Bangun Kualitas Manusia Indonesia (Bangkit) ini sejalan dengan program Presiden tentang penyiapan sembilan juta talenta digital terampil pada 2030.

Program Bangkit ini juga lanjutan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, utamanya terkait konsep kegiatan belajar mahasiswa, sehingga dengan mengikuti program ini, dapat diakui sebagai kegiatan belajar mahasiswa yang setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

Baca Juga: Apa Itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka?

Keuntungan lainnya mengikuti program Bangkit yaitu:

– Konversi pembelajaran (studi independen) Kampus Merdeka hingga 20 SKS
– Sertifikasi Google Standar Global: Associate Android Developer / Associate Cloud Engineer / Tensorflow Certification
– Peluang raih karir sukses di perusahaan teknologi terdepan melalui Career Fair untuk lulusan.
– Kesempatan jadi 1 dari 10 tim yang raih pendanaan inkubasi untuk proyek akhir
– Kesempatan jadi 1 dari 40 lulusan yang ikuti program University Innovation Fellowship – Stanford University.

Baca Juga: Inilah Tips Jitu Tetap Berprestasi Meski Pandemi Menurut Sekjen IKA ITS

Untuk masa pembelajaran tahun 2021, pendaftaran bagi 3000 mahasiswa telah dibuka hingga 8 Januari 2021 untuk tiga learning path, yaitu machine learning, mobile development, dan cloud computing.

Ada 3 jenis assessment atau tes kualifikasi yang wajib dituntaskan:

– Matematika dan pemrograman
– Kepribadian dan pola pikir
– Persetujuan universitas

Cara Daftar Program Bangkit 2021

Informasi lainnya tentang program ini dapat diakses melalui laman https://grow.google/intl/id_id/bangkit/. Kelas online akan dimulai pada bulan Februari 2021. Dikutip dari Instagram @kemdikbud.ri cara pendaftarannya adalah melalui tautan https://services.google.com/fb/forms/bangkit2021form/

“Program ini dapat menjadi pilihan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat mengimplementasikan kampus merdeka melalui studi/proyek independen untuk mendapatkan kompetensi di bidang machine learning, mobile development, cloud computing,” tulis Instagram kemdikbud.ri.

Bagikan artikel ini

Komentar