Dunia Mahasiswa | Info Jurusan | Mau Kuliah

Sering Dipenuhi Pendaftar, Inilah 5 Prospek Karir Kuliah di Jurusan Ekonomi 

SEVIMA.COM – Coba deh kamu perhatikan setiap tahun. Salah satu jurusan yang paling banyak dipenuhi peminat adalah jurusan ekonomi. Yaps, berdasarkan hasil research  dari website LTMPT,  para lulusan SMA/SMK/MA banyak sekali yang mengambil jurusan di bidang Ekonomi pada tes masuk kuliah seperti, SNMPTN dan UTBK.

Tingginya minat calon mahasiswa ini tentunya ditengarai peluang kerja di jurusan ini cukup menjanjikan. Bahkan, di laman QS Top Universities juga disebutkan bahwa karir lulusan jurusan ekonomi mampu mengembangkan potensinya dengan baik ketika di dunia kerja. 

Wah, mau tahu lebih jelasnya gak nih? Gak usah pakai lama, langsung aja yuk simak di bawah ini.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia, Versi QS WUR, UniRank & Webometrics

Kuliah Ekonomi bakal bekerja sebagai apa? Ini dia prospek karirnya 

1. Menjadi seorang Ekonom Profesional

Untuk menjadi seorang ekonom profesional, kamu harus melakukan berbagai penelitian dan analisis data tentang masalah dan tren ekonomi saat ini. Nah, hal seperti ini tentunya membutuhkan keterampilan tersendiri. 

Tak heran, jika lulusan ekonomi ini sangat dibutuhkan untuk membentuk keuangan sebuah instansi, perusahaan, atau negara menjadi lebih maju. Jadi, bisa dipastikan jurusan di bidang ekonomi sudah memiliki prospek yang baik di masa depan. 

2. Mudah berkarir di bidang perbankan

Perbankan dan dunia ekonomi selalu berhubungan erat. Lulusan ekonomi selalu mendapatkan tawaran menarik untuk mengisi berbagai jenis pekerjaan di dunia perbankan. Makanya, banyak sekali lulusan dari bidang ekonomi ini melanjutkan pekerjaannya sebagai tenaga ahli di perbankan. 

3. Bisa menjadi seorang Akuntan 

Yaps, jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Kemampuan lulusan di bidang akuntansi ini sangat penting untuk melakukan audit berbagai bidang bisnis dan keuangan perusahaan. Kemampuan untuk melakukan analitik data ini sangat dicari lho. 

4. Sebagai ahli bisnis dan konsultasi keuangan 

Tak hanya akuntan, namun seorang ahli bisnis juga sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Kebanyak dari ahli bisnis ini didapatkan dari jurusan di bidang ekonomi. Selama menempuh studi, mereka akan dengan mudah memperdalam ilmunya untuk membaca peluang bisnis dengan tepat dan cepat. 

5. Menjadi Ahli sektor publik

Selain di sektor swasta, kebutuhan tenaga di sektor publik juga memerlukan sentuhan tangan seorang lulusan ekonomi. Apalagi saat ini di Indonesia sendiri sedang gencar-gencarnya meningkatkan pelayanan publik, pastinya lulusan ekonomi sangat dibutuhkan di sini. 

Baca juga: Rekomendasi Kampus Katolik Terbaik di Jawa Timur, Pilihan Orang Tua

Nah, jadi sudah tahu kan kalian, mengapa jurusan dari bidang ekonomi selalu banyak diminati oleh lulusan SMA/SMK/MA. Kalau kamu mau masuk di jurusan ini, kamu harus lebih semangat ya dalam mempersiapkan tes yang ada. Selamat berjuang!

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar