Flash News

Sabet Pelaporan PDDIKTI Terbaik, Ini Tips dari Rektor UTU

SEVIMA.COM – Akhir tahun kali ini menjadi momen yang membahagiakan bagi Universitas Teuku Umar (UTU). Pasalnya perguruan tinggi negeri (PTN) yang berada di bagian paling barat Indonesia itu menyabet juara pertama atau Gold Winner penghargaan pada kategori PTN Satker sub-kategori Pelaporan PDDIKTI.

Rektor UTU Dr. Ishak Hasan, M.Si bersyukur atas penghargaan yang diperoleh. Menurutnya hasil yang membanggakan ini merupakan usaha dan kerja keras dari seluruh civitas akademika yang ada di kampus.

“Alhamdulillah kami tahun ini mendapatkan penghargaan, anugerah piala emas dari PDDIKTI. Dalam kategori PTN Satker kami dapat pelaporan terbaik, tepat waktu, dan sesuai ketentuan yang ada. Dari liga PTN Satker kami berada di paling atas,” kata Ishak kepada SEVIMA, Selasa (27/12/2022).

Penghargaan diserahkan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Kemdikbudristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng kepada Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Ishak Hasan, M.Si di Hotel Sulthan Senayan, Jakarta Kamis, 15 Desember 2022.

Ishak mengaku optimis mendapatkan penghargaan ini, mengingat UTU telah membangun budaya kerja yang baik. Selain itu, memasuki tahun kesembilan menjadi PTN, pihaknya juga terus meningkatkan infrastruktur yang ada di kampus.

Tips Meraih Pelaporan PDDIKTI Terbaik

Pada kesempatan ini, Ishak pun berbagi tips bagi perguruan tinggi lainnya agar bisa melakukan pelaporan tidak hanya 100 persen, tetapi juga tepat waktu dan sesuai ketentuan yang ada. Karena menurutnya, dalam hal pengembangan pendidikan UTU tidak bertanding dengan perguruan tinggi lain, tetapi bersanding.

  1. Jadwal kegiatan akademik

Perguruan tinggi tentu memiliki jadwal kegiatan akademik, hal itu secara lebih rinci dituangkan ke dalam kalender akademik. Tentu tidak hanya sekedar disusun, tetapi setiap pelaksana harus taat pada kalender akademik yang ada.

“Kita ingatkan kepada semua agar tidak melenceng dari kalender akademik yang sudah disusun bersama,” ucapnya.

  1. Disiplin dan inovasi

Seperti dalam buku Myelin yang ditulis oleh Rhenaldi Kasali, salah satu merakit perubahan ada culture discipline dan inovasi. Sekecil apapun inovasi pasti kita akan bisa merakit perubahan ke arah yang lebih baik, dari standar performance ke high performance, tidak boleh low performance.

“Jadi disiplin dalam menjalankan kegiatan sesuai tanggal akademik, sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, dan saling mengingatkan,” ujarnya.

  1. Tim work dan sistem IT

Penting bagi perguruan tinggi memiliki teamwork yang baik dan kompak. UTU sendiri bermitra dengan SEVIMA Platform selaku konsultan dan pengembang informasi teknologi untuk sistem informasi akademik (SEVIMA siAkadCloud). Sehingga pendataan yang ada di UTU saat ini sudah menggunakan sistem yang saling terintegrasi.

“Terima kasih SEVIMA Platform telah mendukung dan mensupport kami sehingga memperoleh prestasi yang terbaik,” katanya.

  1. Pemantauan secara berjenjang

Ishak mengaku selalu melakukan pemantauan kinerja secara berjenjang mulai dari rektor hingga ke kaprodi. Tujuannya agar meminimalisir adanya kesalahan saat melakukan pelaporan ke PDDIKTI.

“Kami selalu memantau secara berjenjang dari rektor, wakil rektor, kabiro, dekan, hingga kaprodi untuk mensinkronisasi data. Agar data dari sistem yang kami punya yakni SEVIMA siAkadCloud yang UTU namakan pintu untuk menuju profeeder, neofeeder, hingga ke PDDIKTI kami memantau dan sinkronisasi,” ucapnya.

  1. Periksa data bermasalah secara berkala

Ishak menuturkan data yang bermasalah tidak boleh didiamkan begitu saja, tetapi harus langsung dicarikan solusi agar tidak menumpuk. Sehingga pemeriksaan data yang bermasalah dilakukan secara berkala.

“Kami memeriksa data yang bermasalah secara berkala, tidak didiamkan begitu saja tetapi langsung dicarikan solusinya ditanyakan. Sesuatu yang tidak bisa diselesaikan di tingkat kabiro naik ke jenjang rektor, kita diskusikan bersama. Tidak di akhir waktu pelaporan tapi sejak awal kita lakukan pemeriksaan data. Sehingga tidak menumpuk masalah,” ucapnya.

Selain meraih pelaporan PDDIKTI terbaik kategori PTN Satker, UTU juga meraih penghargaan lainnya yakni Unit Layanan Terpadu terbaik ketiga serta Video Profil terbaik.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar