Event | Event SEVIMA | Webinar

Sekilas Pengalaman Praktikum Mahasiswa Keperawatan Secara Daring

Cerita: Ainul Fitri-Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Universitas Andalas

Cerita Terpilih Kompetisi Menulis
SEVIMA #revolutionizeEducation

Kini, dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Kondisi ini menimbulkan dampak di seluruh sektor kehidupan, tak terkecuali dunia pendidikan salah satunya perguruan tinggi tempat saya kuliah. Sebagai seorang mahasiswa keperawatan, saya mengalami dampak signifikan dari pandemi ini. Seluruh proses kegiatan belajar di kampus dituntut untuk adaptif terhadap kondisi ini. 

Agar bisa survive dari keadaan tersebut, pihak kampus melakukan memutuskan perkuliahan daring (dalam jaringan). Sistem perkuliahan daring juga diberlakukan saat menjalankan praktikum. Sayangnya, beberapa aktivitas perkuliahan laboratorium dan praktikum sulit dilakukan secara daring. Padahal, kegiatan praktikum pembelajaran tersebut memerlukan bimbingan langsung dari dosen dan peran serta rekan sesama mahasiswa agar sesuai dengan konsep dan prosedur yang berlaku. 

Langkah kampus dalam menyiasati kegiatan praktikum di masa pandemi Covid-19

Meskipun beberapa kegiatan praktikum tersebut sulit untuk dilakukan secara tatap muka, namun pihak fakultas rupanya sudah menyiapkan metode baru untuk menyiasati pelaksanaan praktikum tersebut. Pihak kampus menganjurkan mahasiswa untuk melibatkan anggota keluarga dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. 

Selain bertujuan menyiasati kegiatan praktikum yang tidak bisa dilakukan secara tatap muka, kegiatan seperti ini diharapkan juga dapat memantau kondisi kesehatan keluarga mahasiswa. Sehingga kegiatan ini bisa menimbulkan benefit satu sama lain. 

Untuk melakukan kegiatan praktikum tersebut, pihak kampus memberikan penugasan berupa video tindakan keperawatan sebagai referensi. Setelah memahami isi video kegiatan praktikum tersebut, selanjutnya mahasiswa dianjurkan untuk mengambil video rekaman saat melakukan praktikum dengan anggota keluarganya.

Praktikum yang bisa dilakukan di rumah

Beberapa kegiatan praktikum yang bisa dilakukan di rumah misalnya edukasi kesehatan, pengkajian keluarga, pelaksanaan intervensi sampai evaluasi tindakan. Kegiatan ini dilakukan dengan mengacu pada panduan praktikum. Tidak hanya itu, kegiatan itu juga dilakukan bimbingan setiap pertemuannya oleh dosen pembimbing masing-masing kelompok. 

Gambar 1: Rangkaian kegiatan praktikum mahasiswa di rumah

Saat menjalankan kegiatan praktikum daring ini, saya melakukannya melalui pendekatan keluarga. Saya menerapkan asuhan keperawatan dan pengkajian terhadap lansia. Pada kegiatan ini, saya melakukan tindakan perawatan terhadap nenek saya. 

Disini, saya bertugas untuk melakukan pengecekan fisik berupa pengecekan mobilitas (kemampuan lansia beraktivitas), dan penglihatan (ketajaman penglihatan lansia). Setelah mengetahui hasil dari pemeriksaan tersebut, saya akan memberikan arahan kepada keluarga lansia sesuai dengan permasalahan kesehatan yang dialami. 

Dengan melakukan kegiatan praktikum tersebut diharapkan mahasiswa bisa mengetahui kondisi kesehatan keluarga serta bisa memberikan edukasi kesehatan dan pencegahan- pencegahan penyakit terhadap keluarga. Sehingga di masa pademi seperti ini, keluarga paham akan pentingnya menjaga kesehatan.

Nah, itulah praktikum pendekatan berbasis keluarga yang dilakukan oleh mahasiswa keperawatan di Universitas Andalas selama masa pandemi. Meskipun pandemi masih mewabah, namun kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung. 

Bagaimana dengan kampus Anda sudah mempunyai metode untuk melakukan praktikum daring? Temukan metode yang tepat untuk pembelajaran praktikum di kampus Anda melalui Diskusi Panel: Langkah Tepat Menyiasati Praktikum Prodi Kesehatan di Masa Pandemi. Yang akan dilaksanakan pada hari: Selasa, 15 Desember 2020 pukul  13.00 WIB melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara Webinar kali ini FREE namun kuota terbatas. Makanya, yuk daftarkan diri Anda sekarang: https://bit.ly/webinar-prodikesehatan.

Bagikan artikel ini

Campuspedia
Instagram
Komentar
[gs-fb-comments]