Dunia Dosen | Dunia Kampus

Sertifikasi Dosen dan Program Peningkatan Karir dari Kemendikbudristek Terbaru!

SEVIMA.COM – Program Sertifikasi Dosen, atau biasa dikenal dengan Serdos, adalah satu program yang sangat menunjang karir dosen di masa yang akan datang. Melalui program ini, dosen akan lebih mudah dalam meniti karir mereka. 

Adanya program ini sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional di perguruan tinggi. Tak hanya itu saja, serdos juga sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan dosen. 

Dikutip dari akun Instagram Ditjen Diktiristek, seorang dosen disarankan untuk melengkapi seluruh persyaratan yang sudah ditetapkan sebelum melengkapi persyaratan Serdos. 

Baca juga: Kemdikbud Ristek Percepat Layanan Kenaikan Pangkat Dosen

Pada tahun 2022 ini sertifikasi dosen mengangkat konsep baru, yaitu SMART (Simple, Modern, Accountable, Responsive, dan Transparent). 

Adanya program Serdos ini tak hanya penting untuk penguatan kompetensi dosen saja, namun juga sangat berguna untuk meningkatkan skill dosen dalam memberikan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yang lebih fleksibel. 

Apa saja persyaratan peserta Sertifikasi Dosen?

  1. Memiliki NIDN atau NIDK
  2. Memiliki jabatan fungsional minimal asisten ahli
  3. Memiliki pangkat atau golongan ruang atau inpassing bagi dosen non-ASN
  4. Memiliki masa kerja sebagai dosen sekurang-kurangnya 2 tahun secara berturut-turut
  5. Memenuhi Beban Kerja Dosen (BKD) 2 tahun secara berturut-turut
  6. Memenuhi nilai ambang batas (passing grade) TKDA
  7. Memenuhi nilai ambang batas (passing grade) TKBI
  8. Memiliki sertifikasi PEKERTI atau Applied Approach (AA)

Baca juga: 5 Pengembangan Karir Dosen di Indonesia

Melihat persyaratan yang cukup banyak tersebut, Anda mulai bisa menyiapkannya sedini mungkin. Sehingga seluruh proses sertifikasi yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar