Berita | Dunia Akademik

Sesditjen Dikti: Jurusan Boleh Bervariasi, Tapi Wajib Melek Teknologi

SEVIMA.COM– Dunia industri digital terus berkembang pesat. Di beberapa tahun ke depan, diperkirakan industri digital tersebut akan menguasai seluruh aspek di negeri ini. Maka dari itu, kesempatan berkarir di dunia digital bisa dipastikan sangat terbuka lebar. 

Setiap perusahaan pasti akan membutuhkan para ahli teknologi yang akan berkontribusi. Untuk itu, lulusan dengan kemampuan yang cakap teknologi sangat dibutuhkan. 

Karena skill di bidang teknologi diperkirakan akan sangat dibutuhkan di masa yang akan datang, maka Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. telah menyuarakan agar mahasiswa untuk melek teknologi. 

Teknologi dan mahasiswa

Di era yang semakin modern, tak hanya mahasiswa IT saja yang harus dituntut untuk melek teknologi. Namun, dalam Webinar Implementasi Kelas Merdeka pada Kamis (24/02/2021) lalu, Paris mengungkapkan agar seluruh mahasiswa wajib paham dengan teknologi. 

Kemampuan ini akan menghantarkan mahasiswa agar lebih siap berproses untuk menyambut karir di masa depan. Di samping itu, Paris juga menyuarakan agar seluruh mahasiswa dari semua jurusan harus bisa menguasai teknologi. 

“Tak peduli jurusannya apa, yang terpenting mahasiswa harus paham dan mahir dengan teknologi. Jika mereka melek teknologi, maka akan mempermudah mereka dalam mencari masa depan yang lebih bagus,” ungkapnya. 

Mengasah skill melalui Kampus Merdeka

Bagi mahasiswa yang bukan dari latar belakang teknologi, pasti banyak yang khawatir tak bisa menemukan tempat untuk mengasah skill tersebut. Namun, jangan khawatir dulu. Kini pemerintah sudah memberikan wadah bagi mereka yang ingin belajar di luar studinya. 

Nah, seluruh program tersebut diwadahi dalam program Kelas Merdeka belajar. Melalui program ini, mahasiswa yang bukan dari studi IT bisa mengasah skill mereka disini. 

“Dengan program kampus merdeka, mahasiswa yang bukan dari jurusan IT bisa mengasah skill mereka dengan baik. Jadi, mereka bisa belajar dari luar kampus agar bisa memiliki kemampuan IT yang bagus,” jelas Paris. 

Program kampus merdeka sendiri, merupakan salah satu program yang sudah dikenalkan oleh Kemendikbud dengan tujuan meningkatkan skill mahasiswa dengan baik. Melalui program ini, diharapkan mahasiswa akan dengan mudah memahami skill di luar lingkungan kampus. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa mahasiswa akan lebih siap menyambut dunia kerja ketika lulus nanti. 

Bagikan artikel ini

Komentar