Info Sentra Vidya Utama | Seputar Pendidikan | Solusi SEVIMA

Bangga! SEVIMA Jadi Bagian Dari Pembangunan Pendataan Pendidikan Nasional RI

SEVIMA.COM – Lebih dari 8 tahun sudah SEVIMA berkontribusi dalam pembangunan pendataan pendidikan nasional RI, mulai dari pendataan data pokok nasional (DAPODIK) untuk menjaring semua data dari 250,000 sekolah SD sampai SMA sampai kepada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) untuk pelaporan dari 4,500 Perguruan Tinggi. 

Banyak tantangan yang dihadapi dalam perubahan tata kelola pendataan pendidikan nasional, bagaimana mendapatkan data yang benar-benar akurat dan valid sesuai kenyataan di lapangan dalam waktu yang singkat dengan keterbatasan resource yang ada.

Tujuan untuk bisa membangun database pendidikan nasional yang akan digunakan sebagai dasar dari penentuan kebijakan-kebijakan strategis pendidikan di Indonesia telah tercapai berkat kolaborasi dari berbagai pihak, SEVIMA pun bangga menjadi bagian dari perjuangan tersebut bersama-sama menetapkan milestone yang melancarkan proses pelaporan PDDIKTI Feeder melalui mekanisme sinkronisasi.

Inovasi Untuk Perkembangan Dunia Pendidikan 

Sesuai misi SEVIMA untuk senantiasa membantu perkembangan dunia pendidikan di Indonesia, kami pun tidak berhenti berinovasi. SEVIMA mendengarkan, menyimak dan melihat sendiri problematika yang terjadi di lapangan. 

Ketika Perguruan Tinggi dituntut untuk wajib melaporkan data yang akurat, secara berkala dan beban tersebut umumnya diemban oleh sebuah role yang dinamakan “Operator PDDIKTI”, biasanya hanya satu atau dua orang yang diberikan amanah untuk memastikan ribuan atau bahkan puluhan ribu data mahasiswa terlapor tepat waktu ke Feeder PDDIKTI. 

Tergerak dengan kondisi yang tidak ideal tersebut, SEVIMA meluncurkan Add-On dari Feeder yang dinamakan SEVIMA GOFeeder di 2016 yang singkat cerita akan meringankan beban “Operator PDDIKTI” sekaligus membuat Feeder PDDIKTI bisa dijadikan sebagai sistem informasi akademik yang mengatur operasional pengelolaan pendidikan di kampus masing-masing secara gratis / free. 

Perguruan Tinggi tidak perlu lagi melakukan input ulang ke aplikasi Feeder, dan otomatis data yang dilaporkan pasti akan sesuai dengan kondisi real perkuliahan yang sedang terjadi. 

Dampak Positif SEVIMA GoFeeder 

Dampak dari GoFeeder yang dirasakan cukup positif, banyak kampus yang mengapresiasi, dari memudahkan mereka mencapai tingkat pelaporan yang optimal, meningkatkan potensi mendapat Akreditasi yang lebih tinggi sampai menjadi penyelamat bagi para Operator PDDIKTI atau istilah kerennya #pejuangPDDIKTI dari lembur berhari-hari untuk mengejar deadline pelaporan.

Sampai saat ini SEVIMA GoFeeder telah digunakan lebih dari 450 Kampus terutama kampus kecil yang ada di daerah, sebut saja Bapak David salah satu Operator Kampus Universitas Bale Bandung, beliau harus mengurus 2200 data mahasiswa. Pasti, Pak David harus lembur tiap malam untuk melengkapi dan melaporkan datanya. Dengan SEVIMA GoFeeder Pak David sangat terbantu, tidak harus lembur, cukup satu klik data kampus terlapor ke PDDikti.

Cerita Pengguna SEVIMA GOFeeder Yang Bikin Meleleh

Muslihin STIT Pemalang

Cerita menarik lain dari salah satu pengguna SEVIMA GoFeeder, Pak Muslihin Manshur operator PDDikti di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang (STIT Pemalang). Pernah dinonaktifkan dari jabatannya karena disalahkan akibat terjadi kemerosotan nilai akreditasi yang bersebab tidak sinkronnya data kampus dengan PDDikti, namun kini berperan penting sebagai ujung tombak Kampus.

Pak Muslihin Manshur selaku operator pun harus dengan ikhlas melepas tanggung jawab, karena dinonaktifkan untuk sementara dari kampus, tanpa pesangon. Namun, setelah tiga bulan masa nonaktif, dia kembali mendapat panggilan ke kampus dikarenakan operator pengganti ternyata juga tidak mampu mengambil alih tugas dengan sempurna.

Ditengah kegalauan karena kampusnya mendapat nilai akreditasi yang jauh dari harapan pihak kampus mengundang konsultan akreditasi. Dari konsultan itu, mendapat informasi bahwa salah satu sebab nilai kurang adalah karena pelaporan data yang tidak tepat waktu. Sehingga, dikenalkan dengan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan dan mempercepat pelaporan data yaitu SEVIMA GoFeeder. 

“Tiga hari menjelang kedatangan asesor BAN-PT, saya menghubungi tim SEVIMA untuk mengaktivasi aplikasi SEVIMA GoFeeder. Sehari sebelum kedatangan tim asesor kami sudah memiliki sistem akademik yang terintegrasi Feeder PDDikti. Dengan siakad online ini menambah point penilaian akreditasi kampus kami, sehingga mendapat nilai akreditasi yang cukup memuaskan.”, jelasnya. 

Dari SEVIMA GoFeeder itulah Pak Muslihin selaku operator mendapatkan kemudahan-kemudahan tidak perlu lagi input data secara manual, sehingga mengurangi beban kerja operator yg selalu dituntut untuk lembur berhari-hari dan waktu untuk keluarga jadi lebih banyak. Dan Pak Muslihin berani mengatakan selamat tinggal lembur.

Sebagai reward atas prestasi dapat meningkatkan nilai akreditasi, beliau sebagai operator ditunjuk untuk menggantikan pimpinan kampus untuk lawatan ke luar negeri bersama pimpinan kampus se-Jawa Tengah ke kampus-kampus di kawasan asean (Malaysia, Singapore, dan Thailand). Pastinya ini adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi Pak Muslihin Manshur.

SEVIMA GoFeeder Membantu Proses Akreditasi di Perguruan Tinggi

Selain cerita #pejuangPDDikti dari Pemalang, kami juga dapat kabar gembira dari Tasikmalaya. Bapak Widodo salah satu Operator Kampus Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (UMTAS) menghubungi Tim SEVIMA melalui aplikasi chatting Whatsapp, beliau mengungkapkan kegembiraannya, bahwa kampus mereka telah memperoleh Peringkat Akreditasi “B” Untuk Program Studi Profesi Ners & S1 Keperawatan. 

Salah satu pendukungnya, berkat adanya sistem SEVIMA GoFeeder yang telah diimplementasikan di kampus mereka.

Pak Widodo juga menceritakan saat Asesor melakukan visitasi ke kampus mereka. Beliau menceritakan bahwa salah satu point yang ditanyakan oleh Asesor adalah Sistem Informasi Manajemen Akademik, dan beliau pun menunjukan kepada Asesor, Sistem Informasi SEVIMA GoFeeder yang telah berhasil diimplementasikan di kampus mereka, dan itu menjadi nilai plus bagi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Membantu dan Melayani Sepenuh Hati

Tim SEVIMA berkomitmen membantu rekan-rekan perguruan tinggi dengan berbagai sosialisasi, workshop, dan bimbingan teknis untuk memastikan perguruan tinggi mendapatkan manfaat penuh dan membantu memudahkan pekerjaan mereka, seperti dalam beberapa dokumentasi berikut.

Sosialisasi SEVIMA GoFeeder di Universitas 45 Mataram

Sosialisasi SEVIMA GoFeeder di Universitas Baturaja (UNBARA)

Sosialisasi SEVIMA GoFeeder di STIKES Adila Bandar Lampung

Sosialisasi SEVIMA GoFeeder di Stikes Satria Bhakti Nganjuk

Sosialisasi SEVIMA GoFeeder di  Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta

Perguruan Tinggi Membentuk Komunitas Untuk Berbagi

Kesamaan latar belakang kisah, ternyata membangun kebersamaan di antara para pengguna GoFeeder dan akhirnya membentuk komunitas yang di dalamnya disebut sebagai para pejuang PDDIKTI. Mereka mau saling berbagi dan membantu kesulitan tanpa mengharap imbalan. Juga tidak sedikit masukan-masukan dari mereka yang akhirnya bisa direalisasikan oleh SEVIMA dan bermanfaat bagi kampus-kampus lain. 

Terhitung sudah 3500 lebih anggota SEVIMA Community, yang senantiasa aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi semua civitas seperti: 

  1. WEBINAR NASIONAL : “Implementasi Kampus Merdeka” mengundang Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI yaitu Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani,M.P.
  2. WEBINAR NASIONAL : “Strategi Perguruan Tinggi Menyiapkan Kuliah Tatap Muka” mengundang Prof. H. Mohamad Nasir, Ak, Ph.D – Staf Khusus Wakil Presiden Republik Indonesia, Ketua Lembaga Perguruan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (2014-2019).
  3. WEBINAR NASIONAL : “Inspirasi Semangat Kemerdekaan untuk Kemajuan Pendidikan Tinggi” mengundang Prof. Dr. Ir. K.H. Mohammad Nuh, DEA Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014), Ketua Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Bimbingan Teknis: “Pelaporan PDDikti Feeder 2021, Khusus Operator Baru”
  5. Dan masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya 

Kami berterimakasih kepada Kemdikbud RI atas kepercayaannya kepada SEVIMA yang telah diberikan kesempatan untuk berkontribusi membangun sistem pendataan Nasional.

Kami berharap agar apa yang telah dibangun dapat dilanjutkan dengan inovasi-inovasi yang lebih baik dan berguna untuk kemajuan seluruh instansi pendidikan di Indonesia.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar