8 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Info SEVIMA • 19 Jun 2023

Sempat Jatuh Bangun, SEVIMA Kini Digunakan 3 Juta Mahasiswa

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA), saat ini dikenal sebagai perusahaan teknologi pendidikan yang sudah berkiprah selama 2 dekade. Perjalanan panjang SEVIMA dari masa ke masa tidak lepas dari berbagai persoalan yang harus dihadapinya.

Apabila ditilik ke belakang, SEVIMA telah berdiri sejak tahun 2003. Awalnya perusahaan ini berfokus pada 3 sektor meliputi perguruan tinggi, pelabuhan, dan infrastruktur hardware. Seiring berjalannya waktu, beberapa kampus ternama seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) serta beberapa perguruan tinggi lainnya memberikan kepercayaan kepada SEVIMA untuk mengatasi beragam  permasalahan seputar sistem akademik.

Baca juga: Apa itu SEVIMA? Profil dan Sejarah Edtech yang Sudah 2 Dekade Merevolusi Pendidikan Tinggi Indonesia

Dengan komitmen yang tinggi untuk turut membantu kemajuan dunia pendidikan, pada tahun 2009 perusahaan ini mulai fokus memberikan solusi atas permasalahan perguruan tinggi. 

Sebagian besar perguruan di Indonesia menghadapi masalah yang sama, yaitu kurangnya infrastruktur yang memadai untuk menyelenggarakan pendidikan perguruan tinggi yang baik, kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), terutama operator yang mengoperasikan sebuah sistem dan sebagian besar perguruan tinggi tidak memiliki dana yang cukup untuk berkembang.Dari sekian banyak permasalah tersebut, SEVIMA sebagai perusahaan di bidang pendidikan berusaha mencari solusi terbaiknya.

Hingga pada tahun 2014, sungguh perjalanan yang luar biasa SEVIMA dapat turut serta dalam pembangunan pendataan pendidikan nasional RI yaitu Pendataan Data Pokok Nasional (DAPODIK) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

SEVIMA  selalu berusaha untuk menjadi partner perguruan tinggi dalam pengolahan data perkuliahan baik bagi perguruan tinggi yang sudah besar maupun perguruan tinggi yang masih merintis. Sebagai bentuk solusi bagi universitas menengah kebawah agar dapat membantu pelaporan ke Feeder PDIKTI, SEVIMA menghadirkan suatu  layanan sistem informasi akademik dengan nama SEVIMA GoFeeder yang memudahkan manajemen kampus dalam mengelola akademik.

Tidak sampai disitu, perhatian SEVIMa pada perguruan tinggi tertuang dalam bentuk penyelenggaraan sharing knowledge  kepada rekan-rekan perguruan tinggi melalui  sosialisasi, workshop, dan bimbingan teknis untuk memastikan peningkatan kompetensi yang dapat berdampak pada pekerjaan mereka.

Baca juga: Bangga! SEVIMA Jadi Bagian Dari Pembangunan Pendataan Pendidikan Nasional RI

Bahkan, saat pandemi Covid-19 melanda tanah air, SEVIMA pun turut merevolusi dunia pendidikan dengan adanya Edlink sebagai solusi bagi perguruan tinggi untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Komitmen SEVIMA untuk memberikan kemudahan akses pendidikan bagi mahasiswa melalui kelas daring telah terbukti ampuh.

Mimpi SEVIMA untuk pemerataan pendidikan di Indonesia  telah dirasakan oleh  lebih dari 3 juta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Kini, mahasiswa dapat mengakses pelayanan SEVIMA mulai dari pembayaran kuliah, kegiatan perkuliahan hingga tracer study bagi alumni. Menariknya, seluruh aktivitas tersebut  dapat dengan mudah diakses mahasiswa hanya dengan menggunakan handphone

Tidak sampai disitu, SEVIMA menyediakan sistem pengelolaan data akademik dan non akademik yang seluruhnya sudah saling terintegrasi. Dengan adanya sistem tata kelola perguruan tinggi ini sejumlah lebih dari 26.857 dosen dan pegawai perguruan tinggi merasakan kemudahannya. Apalagi, menariknya sistem ini sudah terintegrasi  sehingga dapat terhindar dari duplikasi data serta memudahkan bagi pimpinan untuk memantau seluruh kegiatan perkuliahan. 

SEVIMA juga terus menjalin kerjasama dengan lebih dari 100 instansi baik pemerintah maupun swasta. SEVIMA menyadari di era transformatif seperti saat ini, kolaborasi menjadi  hal yang sangat penting dilakukan guna bersama mengatasi tantangan kedepannya.

Kini setelah 20 tahun berdiri, SEVIMA akan terus maju  untuk  memberikan lebih banyak lagi dampak bagi dunia pendidikan. Sesuai tagline #revolutionizeEducation, SEVIMA akan terus memberikan solusi terbaiknya bagi perguruan tinggi di Indonesia. 

 

Gambar: Canva.com

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×