4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Info SEVIMA • 13 Nov 2023

SEVIMA Hadiri Rakernas Pelita Siap Berkolaborasi Wujudkan Pendidikan Vokasi Unggul

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – SEVIMA hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-2 Perkumpulan Politeknik Swasta (Pelita) di Solo pada (24-27/10) lalu. Sebagai konsultan sekaligus pengembang IT di bidang pendidikan, SEVIMA siap membantu perguruan tinggi pendidikan vokasi memperkuat dari segi teknologi informasi. 

Akhwanul Akhmal, Ketua Umum Pelita Indonesia menyampaikan permasalahan yang dihadapi oleh pengembangan pendidikan vokasi yang belum dipercaya calon  mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. 

“Hingga saat ini masyarakat di Indonesia sebenarnya belum melek terhadap pendidikan vokasi. Berkaca dari tahun lalu, masih banyak lulusan sekolah yang lebih memilih melanjutkan pendidikan ke universitas,” ungkap beliau pada pembukaan rakernas di Loji Gandrung, Selasa (24/10).

Faktanya, lulusan vokasi lebih banyak dibutuhkan di dunia industri. Sayangnya, belum banyak lulusan yang mendaftar masuk vokasi. Melihat permasalahan itu, SEVIMA berkolaborasi dengan Pelita menghadirkan transformasi digital untuk mewujudkan visi politeknik swasta unggul dan berkualitas.

Gambar 1. Penyampaian materi oleh Imas Maesaroh, M.Lib., Ph.D., Product Researcher SEVIMA

Untuk mewujudkan hal tersebut, Imas Maesaroh, M.Lib., Ph.D., Product Researcher SEVIMA, menjelaskan kendala yang dihadapi vokasi, sehingga ke depannya politeknik bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.  

“Ada berbagai tantangan yang dihadapi pendidikan vokasi mulai dari ketidakterbukaan informasi yang bisa dilihat masyarakat, manajemen keuangan yang belum tertata baik, hingga persaingan dengan perguruan tinggi PTN-BH dan BLU yang memperbanyak kuota mahasiswa,” ujar  Imas Maesaroh, M.Lib., Ph.D., 

Menghadapi tantangan ini pendidikan vokasi membutuhkan pembenahan tata kelola, penguatan SDM, penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan kerja sama dengan industri. 

“Untuk menghadapi tantangan tersebut, SEVIMA telah menyiapkan SEVIMA Platform dengan sistem terintegrasi dengan segala data yang diwajibkan,” ujar Imas. 

SEVIMA Platform hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan perguruan tinggi mengelola data internal dan mahasiswa. Kemudahan pengelolaan ini akan memperkuat digitalisasi kampus untuk mewujudkan pendidikan vokasi yang unggul. 

“Pengelolaan tata kelola di perguruan tinggi akan memperkuat digitalisasi kampus untuk mewujudkan pendidikan vokasi yang unggul,” tutup Imas. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×