support@sevima.com

 +62 31 8722719


Aplikasi Online Dunia Kampus Info Sentra Vidya Utama Pengetahuan IT 

SEVIMA & HarukaEdu Siap Bantu Perguruan Tinggi Buka Kelas “Online”

 

adminweb

 

01 Agustus 2018

SEVIMA.CO.ID – Surabaya, Pada tanggal 31 Juli 2018 kemarin, SEVIMA mendapatkan kunjungan langsung dari CoFounder & CEO PT Haruka Evolusi Digital Utama (HarukaEdu) Bapak Novistar Rustandi.

Ini kali kedua pihak HarukaEdu mengunjungi SEVIMA untuk agenda lanjutan pertemuan yang terakhir yaitu penandatanganan MoU kerjasama dalam Bidang Online Course Management (OCM), untuk penyelenggaraan program Blended learning di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Progam Blended Learning adalah kelas yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara daring (online) atau yang lebih dikenal dengan e-learning dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai basis pembelajaran, yang diharapkan mahasiswa dapat belajar lebih maksimal dan juga tidak mengganggu waktu kerja mereka.

Sevima dan harukaedu

Image: Bapak Sugianto Halim (CEO SEVIMA) bersama Bapak Novistar Rustandi (CoFounder & CEO PT HarukaEdu)

Blended learning merupakan sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, gaya pembelajaran, dan model pengajaran, yang memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan mahasiswa. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran daring (e-learning), tapi lebih dari pada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

Manfaat dari penggunaan e-learning dan juga blended learning dalam dunia pendidikan saat ini adalah, e-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. mahasiswa tidak perlu mengadakan perjalanan menuju tempat pelajaran disampaikan, e-learning bisa dilakukan dari mana saja baik yang memiliki akses ke Internet ataupun tidak.

Baca juga: HarukaEdu & SEVIMA Siap Bekerjasama dalam Memberikan Solusi Bagi Perguruan Tinggi

E-learning memberikan kesempatan bagi mahasiswa secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar. Pembelajar bebas menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Seandainya, setelah diulang masih ada hal yang belum ia pahami, pembelajar bisa menghubungi instruktur, nara sumber melalui email, chat atau ikut dialog interaktif pada waktu-waktu tertentu. Bisa juga membaca hasil diskusi di message board yang tersedia di LMS (Learning Management System).

Namun, dengan kelebihan yang begitu melimpah dari progam Blended learning, perguruan tinggi butuh effort dan biaya yang tidak sedikit. Bisa kita bayangkan bila perguruan tinggi ingin membuat platform sendiri untuk kelas online, maka akan memakan biaya besar. Sedangkan, dengan bekerjasama dengan platform seperti HarukaEdu membantu memangkas sebagian biaya. HarukaEdu menyediakan platform yang bisa diisi konten materi kuliah, mulai dari yang bentuk transkrip, audio, hingga video.

Semoga dengan adanya kerjasama antara HerukaEdu dan SEVIMA ini dapat membantu dan memberi solusi yang kongkrit untuk perguruan tinggi di Indonesia dalam mengembangkan Sistem Informasi Akademik dan juga ingin memulai Kuliah Online dengan progam Blended learning.

SEVIMA: Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami