Flash News

SEVIMA Kolaborasi dengan IBN Gelar Pelatihan Nasional

SEVIMA.COM – SEVIMA berkolaborasi dengan Institut Bisnis Nusantara (IBN) sukses menyelenggarakan Pelatihan Nasional. Kali ini tema yang diangkat yakni “Melalui Pelaporan yang Sehat Tercipta Institusi yang Kuat.”

Customer Experience Spesialist SEVIMA Mochammad Khoirul Anam mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya mendukung kampus dalam melakukan pelaporan data ke PDDikti secara praktis dan tertib.

“Ini kita lakukan untuk membantu proses pelaporan di Perguruan Tinggi. Apalagi PDDikti sudah menjadi acuan dalam semua hal di intitusi pendidikan,” ujar Anam, Selasa (2/8/2022).

Acara Workshop Nasional kolaborasi antara SEVIMA dengan IBN diadakan selama empat hari yakni 2-5 Agustus 2022. Kegiatan diikuti oleh 80 perguruan tingga sebagai mitra dari SEVIMA yang tergabung dalam SEVIMA Community. 

IBN dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan. Acara digelar di Gedung Kampus IBN Pulo Mas di Jl. Pulo Mas Timur 3 A Blok A No 2 Kayu Putih Jakarta Timur.

Baca juga: Ayo Ikuti Lomba Artikel, Berhadiah 10 Juta Dan GRATIS!

Melalui kesempatan ini, Anam mengapresiasi kolaborasi yang terlaksana dengan baik antara SEVIMA dengan IBN dalam menyediakan sarana dan prasarana. Kolaborasi ini menurutnya sangat berpengaruh dalam menghidupkan misi SEVIMA dalam merevolusi pendidikan.

“Sevima dan IBN sudah menyediakan tempat, konsumsi, acara dan pemateri-pematerinya. Peserta juga dengan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semuanya berkolaborasi dengan baik demi terselenggaranya pelatihan ini,” katanya.

Ia juga menekankan bahwa pendidikan harus mulai berkolaborasi dengan teknologi yang memberikan berbagai kemudahan. Dan sesama Perguruan Tinggi harus saling membantu untuk mengimplementasikan hal tersebut. Sehingga dibentuklah SEVIMA Community yang mewadahi perguruan tinggi sebagai mitra SEVIMA. 

“Penting sekali peran teknologi untuk sebuah perguruan tinggi, melaksanakan kegiatan memonitoring karena semua kegiatan di perguruan tinggi akan kembali ke pelaporan,” ucapnya.

Anam menambahkan kegiatan diadakan selama empat hari, di mana setiap harinya diikuti oleh perguruan tinggi yang berbeda-beda. Diharapkan dengan dua sesi materi yang diberikan setiap harinya mampu memenuhi tujuan kegiatan pelatihan ini. 

“Sesi perdana tentang knowledge (pemahaman) pentingnya pelaporan yang membahas mengenai hal apa yang harus dipersiapkan perguruan tinggi, aturan-aturan yang mendasarinya serta dukungan dari pemimpin harus seperti apa. Sesi kedua lebih ke teknis problem solving, semacam klinik untuk perguruan tinggi dari segi teknis dan implementasi. Semoga kedua sesi ini bermanfaat bagi perguruan tinggi dalam pelaporan,” ujarnya. 

Melalui kegiatan pelatihan ini, Anam berharap perguruan tinggi mampu memiliki satu pelaporan yang rapi dan bagus karena hal tersebut adalah bagian dari proses operasional yang tertata secara sistematis. Ia optimis bahwa hasil pelaporan sistematis akan mempermudah perguruan tinggi dalam mengambil proses keputusan. 

“Semoga melalui pelatihan ini kampus bisa melaporkan datanya secara tertib, pelaporannya menjadi rapi karena jika proses pelaporan yang rapi disitu akan tercipta kampus yang kuat,” katanya.

Baca juga : ISB Atma Luhur- SEVIMA Lakukan Sharing Proses Penyempurnaan Sister di Kampus

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Nanang Hoesen, ST, M.TI mendapatkan kesempatan untuk membuka acara sekaligus memberikan sambutan. Diharapkan seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik sehingga mampu mengoperasikan teknologi yang mendukung pelaporan perguruan tinggi khususnya mengenai feeder PDDikti 4.1.

“Semoga melalui kegiatan ini peserta mampu melakukan pelaporan data yang baik dan benar, mengetahui secara komprehensip khususnya tentang feeder PDDikti 4.1, deadline pelaporan PDDikti misalnya semester ganjil 30 April, semester genap 30 Oktober. Kemudian tata cara pelaporannya, apa saja yang harus disiapkan oleh perguruan tinggi dan berbagai kelengkapan data lainnya,” ucapnya.

Pak Nanang juga menekankan pentingnya webservice yang menjadi perantara antara sistem kampus dengan PDDikti dan pelatihan hari ini membekali hal tersebut. Ia juga berharap semoga pelatihan bisa memberikan bekal yang berguna bagi pelaporan yang sehat. 

“Semoga acara pelatihan ini bisa berjalan dengan lancar. Peserta juga bisa memahami tentang feeder PDDikti 4.1 yang baru ini sehingga bisa melakukan pelaporan secara baik dan sehat dan perguruan tinggi masing-masing bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar